Jumat, 25 Juli 2014 | 19:55:31
Home / Olahraga / Formula 1 / Setingan Ferrari Baru Terganggu Hujan

Rabu, 02 Mei 2012 , 09:01:00

BERITA TERKAIT

MUGELLO - Ferrari akan menurunkan F2012 yang disempurnakan dalam GP Spanyol pekan depan (13/5). Karena itulah, tim Kuda Jingkrak itu begitu serius saat menjalani uji coba tiga hari di Mugello yang dimulai kemarin WIB (1/5).

Sayang, hujan di hari awal uji coba membuat setingan baru Ferrari kurang maksimal. Salah satunya menemukan konfigurasi knalpot. Ferrari menyatakan bakal butuh waktu satu hingga dua hari untuk menemukan solusinya sehingga knalpot tersebut diprediksi baru siap di hari terakhir uji coba.

Terlepas gangguan hujan, Fernando Alonso tetap menjadi yang tercepat dari 12 pembalap yang mengikuti sesi uji coba pagi. Alonso meraih catatan waktu terbaik satu menit 22,444 detik atau selisih lebih dari satu detik dibandingkan pembalap Red Bull-Renault Mark Webber.

Alonso mengatakan, uji coba di Mugello ini sangat penting bagi dirinya dan Ferrari. Dia menilai bekal positif dari Muggelo akan membuat Ferrari lebih kompetitif. Di empat lomba awal, Ferrari kurang maksimal, tapi beruntung masih mencuri kemenangan di GP Malaysia.
 "Pertarungan juara yang sesungguhnya baru saja dimulai. Walaupun sulit, kami yakin akan mendapatkan kemenangan," ungkap Alonso seusai uji coba kepada Autosport.

 "Tim telah bekerja keras dan saya mempercayai mereka. Begitu juga dengan Felipe Massa. Kami menaruh harapan besar terhadap perkembangan terbaru mobil," sambung pembalap asal Spanyol tersebut.
 
Keputusan FIA memilih uji coba di Mugello sebenarnya menuai kritik. Itu karena Mugello memiliki karakter yang berbeda dibandingkan kebanyakan sirkuit-sirkuit F1 musim ini. Mugello berkarakter cepat, tidak seperti karakter Silverstone dan Suzuka yang mengedepankan aerodinamika. Juga tidak lamban dalam beberapa tikungan seperti di Monako, Kanada, dan Valencia.

Namun, sekalipun Muggelo memiliki banyak keterbatasan, ada manfaat yang banyak dari tes yang dilakukan di sana. Seperti yang diungkapkan pembalap Mercedes Nico Rosberg. Hujan justru bagus untuk menguji ban basah.

"Tes hari ini (kemarin, Red) bagus. Kami mendapat beberapa informasi berharga saat menjalani tes dalam kondisi basah. Akhir-akhir ini, kami kurang bagus di lintasan basah, seperti di seri Malaysia," kata juara GP Tiongkok tersebut.
 
Rosberg hanya turun dalam tes pagi karena siang hingga sore giliran Michael Schumacher. Sedangkan McLaren-Mercedes, Lotus-Renault, Force India-Mercedes, Williams-Renault, dan Caterham-Renault memberi kesempatan tes hari pertama kepada pembalap cadangan. (eza/dns/diq)

Hasil Tes Pagi (1/5)
1. Fernando Alonso, Ferrari                                       1 menit 22,444 detik
2. Mark Webber, Red Bull-Renault                                        + 1,204 detik
3. Jean-Eric Vergne, Toro Rosso-Ferrari                               + 1,447 detik
4. Jerome d"Ambrosio, Lotus-Renault                                   + 1,604 detik
5. Nico Rosberg, Mercedes                                                   + 1,656 detik
6. Kamui Kobayashi, Sauber-Ferrari                                     + 2,292 detik
7. Oliver Turvey, McLaren-Mercedes                                    + 2,859 detik
8. Jules Bianchi, Force India-Mercedes                                + 3,031 detik
9. Rodolfo Gonzalez, Caterham-Renault                              + 4,753 detik
10. Charles Pic,Marussia-Cosworth                                      + 4,915 detik
11. Valtteri Bottas, Williams-Renault                                      + 6,735 detik
12. Gary Paffett, McLaren-Mercedes                                     + 8,454 detik
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar