Senin, 22 September 2014 | 11:16:05
Home / Nasional / Istana / Keppres Pemberhentian Endang dari Menkes Diteken 30 April

Kamis, 03 Mei 2012 , 05:50:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan akan menjadi inspektur upacara pemakaman mantan Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih di San Diego Hills, Karawang, siang ini. "Bapak Presiden berkenan untuk memimpin upacara pemakaman dan menjadi inspektur upacara," kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (2/5).

Menurutnya, pihaknya sempat mendengar langsung dengan suami Endang, Reanny Mamahit, tentang saat-saat terakhir sebelum istrinya meninggal. Julian juga menjelaskan, posisi Endang sudah sebagai mantan menkes.

Itu seiring ditekennya Keppres pemberhentian dengan hormat menindaklanjuti surat pengunduran diri yang diajukan Endang kepada Presiden SBY. Keppres bernomor 46 Tahun 2012 yang memberhentian dengan hormat Endang itu ditetapkan pada 30 April.

Namun dalam Keppres tersebut tidak diatur mengenai pejabat definitif yang menggantikan Endang sebagai menkes. "Dalam keppres tidak disinggung untuk posisi menteri kesehatan, maksudnya tidak digantikan oleh siapa, hanya memberhentikan dengan hormat dan berlaku sejak 30 April," terang Julian.

Untuk sementara, lanjut dia, tugas memimpin kementerian kesehatan akan diemban oleh Wamenkes Ali Gufron Mukti. Julian menegaskan belum ada pembicaraan mengenai pengganti Endang.

Sebelumnya, pengunduran diri Endang dari kursi menkes diungkapkan Presiden SBY seusai menjenguk di RSCM, Kamis (26/4). Alasan pengunduran diri itu berkaitan dengan kondisi kesehatan sehingga tidak membuat tugas-tugas di kementerian terbengkalai. (fal)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar