Sabtu, 01 November 2014 | 13:52:59
Home / Politik / Legislatif / Orang Berlomba Masuk DPR Karena Alasan Ekonomi

Minggu, 06 Mei 2012 , 01:28:00

BERITA TERKAIT

SUBANG - Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Pramono Anung Wibowo mengatakan alasan utama seseorang untuk menjadi anggota DPR karena kepentingan ekonomi. Menurutnya, motivasi itulah yang membuat orang berburu duduk di Senayan.

"DPR dipersepsi sebagai lahan untuk mencari nafkah sehingga alasan ekonomi itu jadi motifasi mayoritas orang untuk jadi anggota DPR," kata Pramono Anung Wibowo mengungkap sebagian dari hasil penelitiannya, dalam acara press gathering wartawan Parlemen RI, di Subang, Jawa Barat, Sabtu (5/5).

Terjadinya pergeseran motivasi tersebut, lanjut mantan Sekjen PDI-P itu bisa mendorong DPR ke arah yang tidak diinginkan bersama. "Secara kelembagaan DPR nantinya tidak lagi berfungsi sebagai institusi memperjuangkan aspirasi rakyat," katanya.

Posisi kedua setelah ekonomi untuk orang jadi anggota DPR termotivasi oleh alasan politik karena sistem terbuka pemilu legislatif memberi kemudahan bagi yang bermodal besar untuk duduk di DPR. "Sementara alasan lainnya untuk jadi anggota DPR terkait dengan kepentingan minoritas seperti isu GKBI Yasmin," imbuh Pramono.

Lebih lanjut dia juga mengungkap hasil penelitiannya terkait dengan besarnya biaya kampanye calon anggota DPR periode 2009-2014. "Rata-rata biaya yang dikeluarkan oleh seorang caleg berkisar diangka Rp6 miliar dengan biaya terendah Rp2 miliar dan tertinggi mencapai Rp22 miliar," ungkapnya.

Terakhir dia memprediksi wajah DPR pasca Pemilu 2014 akan lebih komplek lagi karena sistem pemilu legislatif terbuka membuat orang bersikap yang penting masuk DPR dulu. (fas/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar