Ajak Sadar sejak Dini

Pengalaman Tumor Bikin Andien Waspada

Ajak Sadar sejak Dini
Andien. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos
JAKARTA - Penyanyi solo Andien ternyata punya pengalaman dengan tumor payudara. Ketika masih berusia 16 tahun, pelantun lagu Pulang itu terdeteksi terkena penyakit tersebut. Meski sekarang sudah terbebas, bukan berarti dia tidak peduli lagi dengan kesehatannya.

Pengalaman itu justru membuat Andien lebih waspada. Malah, dia mengajak para perempuan untuk mulai menjaga kesehatan payudara. Andien sekarang bergabung di gerakan Delapan, yaitu deteksi berkala payudara Anda.

Kemarin saat ditemui di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, perempuan berusia 26 tahun itu menceritakan pengalamannya. "Dulu saya enggak kepikiran kalau ada tumor. Usia saya juga masih 16 tahun waktu itu. Gaya hidup saya sehat. Saya juga enggak ada keturunan. Saya pikir itu hanya masalah hormon," curhatnya.

Kalau saja saat itu tidak terkena usus buntu, mungkin dia juga tidak akan bilang ke dokter bahwa di payudaranya ada benjolan. Setelah diperiksa, ternyata itu merupakan tumor dan segera diangkat. "Saya sih enggak takut sama sekali ya. Justru orang tua saya yang khawatir. Sekali operasi, dua penyakit sekaligus," lanjutnya.

JAKARTA - Penyanyi solo Andien ternyata punya pengalaman dengan tumor payudara. Ketika masih berusia 16 tahun, pelantun lagu Pulang itu terdeteksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News