Kamis, 23 Oktober 2014 | 10:51:11
Home / Olahraga / Sepakbola / Atletico Penuh Determinasi, Bilbao Unggul Konsistensi

Rabu, 09 Mei 2012 , 08:08:00

DERBY Spanyol akan tersaji di final Europa League. Siapa yang terbaik antara Atletico dan Bilbao akan ditentukan di Arena Nationala, Bucharest, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.45 WIB)? Inilah kekuatan dan kelemahan kedua tim.

ATLETICO MADRID

Kekuatan
- Finishing touch. Radamel Falcao adalah striker yang memiliki kelebihan dalam melepaskan diri dari kawalan lawan dan mampu memaksimalkan peluang baik dari bola udara maupun bola terobosan. Dia juga didukung trio Adrian Lopez, Arda Turan, dan Diego Ribas. (sangat kuat)
- Gol lewat sayap. Kendati tidak memiliki winger murni, Arda Turan, Diego Ribas, maupun Eduardo Salvio merupakan pemain yang memiliki kemampuan membuka peluang dari sisi lapangan. (kuat)
- Rebut bola dari lawan. Gaya permainan yang diusung pelatih muda Diego Simone membuat Gabi cs mampu bermain dinamis dan konstan dalam mengejar bola selama 2x45 menit. (kuat)

Kelemahan
- Gagal perangkap offside. Koordinasi antarpemain Atletico dalam meng-cover area pertahanan memang masih belum rapi. Ini merupakan masalah utama mereka sepanjang musim ini. (lemah)
- Pelanggaran di daerah berbahaya. Pemain Atletico lumayan sering melakukan pelanggaran yang tidak perlu di area pertahanan sendiri dan memicu kebobolan. (lemah)
- Kalah duel di area pertahanan sendiri. Atletico sebenarnya memiliki gelandang bertahan pekerja keras seperti Paulo Assuncao. Tapi, dia jarang mendapat kesempatan bermain musim ini karena kalah bersaing dengan Gabi dan Mario Suarez yang kurang tangguh secara fisik. (lemah)
- Berhadapan dengan pemain full skill. Tiga dari kuartet defender reguler musim ini adalah pemain Brazil dan Uruguay, Stigma apabila pemain asal Amerika Latin hanya bagus saat menyerang dan lemah saat bertahan memang ada benarnya. (lemah)

ATHLETIC BILBAO
Kekuatan
- Penguasaan bola di area lawan. Sekalipun tidak serapi tiki-taka ala Barcelona, tapi klub raksasa Inggris Manchester United pernah dibuat kelimpungan di babak 16 besar (kuat)
- Memancing keluar pemain lawan. Dengan sering memainkan bola di area lawan, lama-lama pemain lawan pun dipaksa keluar dari zona aman mereka. (kuat)
- Jago duel udara. Fernando Llorente, Javi Martinez, dan Fernando Amorebieta adalah para pemain yang memiliki kelebihan dalam duel fisik di udara. (kuat)

Kelemahan
- Bertahan dari situasi bola mati. Banyak gol yang bersarang ke gawang Gorka Iraizoz gara-gara lengah dalam me-marking pemain saat free kick maupun sepak pojok (lemah).
- Bertahan dari serangan balik. Dengan hanya seorang gelandang bertahan Ander Iturraspe yang bukan tipikal force dan cepat, Bilbao sering kewalahan dalam mengantisipasi counter attack (lemah).
- Menghindari offside. Para pemain Bilbao mudah terjebak offside. Biasanya, itu terjadi karena mereka kurang sabar. (lemah)
- Memberi peluang gol bagi lawan. Terkadang memilih menunggu lawan dan kurang cermat dalam melakukan clearance (sangat lemah) (dns)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar