Minggu, 26 Oktober 2014 | 14:39:29
Home / Jabodetabek / Tiap Minggu Pagi, Sudirman-Thamrin Ditutup Total

Jumat, 11 Mei 2012 , 01:01:00

BERITA TERKAIT

TINGGINYA polusi udara di Jakarta sudah sangat mengkhawatirkan. Upaya menguranginya pun terus dilakukan. Salah satunya, melalui program Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengungkapkan, untuk kesekian kalinya, car free day digelar. Kali ini, pihaknya melakukan sejumlah perubahan agar program tersebut lebih maksimal. Di antaranya, menutup secara total ruas jalan protokol yakni Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. MH Thamrin baik di jalur cepat maupun lambat saat HBKB berlangsung. Artinya, di kedua ruas jalan itu tidak dapat dilintasi kendaraan kecuali bus Transjakarta saat pelaksanaan HBKB.

Sebelumnya, saat HBKB berlangsung, jalur lambat di jalan protokol itu masih dapat dilalui kendaraan. "Ini berlaku pada HBKB di tingkat provinsi yakni, di Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. MH Thamrin. Kebijakan ini merupakan respon Pemprov DKI atas aspirasi masyarakat yang merindukan pemulihan kualitas udara yang lebih baik di ibu kota," kata Fauzi Bowo, Kamis (10/5).

Selain itu, diungkapkan Fauzi, jika sebelumnya HBKB berlangsung sejak pukul 06.00-12.00, mulai 13 Mei mendatang waktunya akan dikurangi hanya menjadi pukul 06.00-11.00. Meski begitu, kata Fauzi, intensitas pelaksanaannya akan menjadi setiap Minggu di Jl. Jenderal Sudirman-Jl. MH Thamrin.

Nantinya, kata Fauzi, dalam konsep HBKB yang baru juga ada pembagian lajur. Untuk pejalan kaki ditempatkan di jalur lambat dan pesepeda bisa menggunakan jalur cepat. Nantinya, baik pesepeda maupun pejalan kaki juga masih akan dibagi lagi menjadi dua kelompok yakni anak-anak dan dewasa.

Sementara itu, untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna jalan lainnya selama pelaksanaan HBKB, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menyiapkan jalur alternatif yang tentu saja dilengkapi rambu-rambu petunjuk.

Saat ini, lima kota di Jakarta sudah memiliki jadwal pelaksanaan HBKB setiap bulannya. HBKB di Jakarta Timur dilakukan di Jl. Pemuda yakni mulai dari simpang Arion sampai dengan simpang Tugas. Di Jakarta Utara yakni di Jl. Danau Sunter Selatan atau mulai dari persimpangan Jl. Danau Sunter Selatan sampai dengan Jl. Danau Sunter Barat.

Sementara di Jakarta Pusat, dilakukan di Jl. Letjend Soeprapto, mulai dari persimpangan Jl. Letjend Soeprapto-Jl. Jendral Ahmad Yani- Flyover Galur. Di Jakarta Selatan, yakni di Jl. Sisingamangaraja mulai dari persimpangan Jl. Trunojoyo-Jl. Kyai Maja (CSW)-Tugu Selamat Datang.

Kemudian di Jakarta Barat yakni, di Kawasan Kota Tua Tamansari, dengan rute Jl. Kali Besar-Jl. Kali Besar Timur-Jl. Kali Besar Barat-Jl. Kopi-Jl. Kali Besar Timur 2-sebagian Jl. Kali Besar 3-Jl. Kali Besar Timur 4-Jl. Kali Besar Timur 5-Jl. Pos Kota. (wok/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 25.06.2014,
        06:05
        nice penalty removal
        VAQMcj This is one awesome blog article.Really thank you! Really Great. From mobile