Rusia Yakini Sukhoi Celaka Akibat Human Error

Rusia Yakini Sukhoi Celaka Akibat Human Error
Tim SAR tengah memetakan lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet-100 di Gunung Salak, Jawa Barat. Foto : Arundono W/JPNN
MOSKOW -  Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev telah membentuk tim investigasi untuk mendalami penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor Jawa Barat. Tim yang dipimpin Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Yury Slyusar itu juga beranggotakan pihak dari kementrian luar negeri Rusia dan United Aircraft Corporation, induk perusahaan yang memproduksi pesawat naas tersebut.

Kantor Berita Ria Novosti, Kamis (10/5) menyebut kepala United Aircraft Corporation Mikhail Pogosyan telah tiba di Jakarta kemarin (10/5) sore. Sampai saat ini, proses investigasi memang masih berlangsung.

Meski demikian, Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin  meyakini penyebab kecelakaan tersebut adalah faktor pilot (human error). Keyakinan ini disimpulkan dari pandangan para ahli Rusia yang mendasarkan pendapatnya pada pesawat dalam kondisi keadaan prima saat diterbangkan dari Halim Perdanakusuma.

‘’Para ahli  mengatakan seluruh  perangkat (pesawat) berfungsi dengan baik. Dengan kata lain ini bisa jadi merupakan human error,’’ ujarnya seperti dikutip Ria Novosti.

MOSKOW -  Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev telah membentuk tim investigasi untuk mendalami penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News