E-KTP Cegah Pelaku Poligami tak Akui Istri

E-KTP Cegah Pelaku Poligami tak Akui Istri
E-KTP Cegah Pelaku Poligami tak Akui Istri
BANDA ACEH - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi tak henti-hentinya membanggakan proyek KTP elektronik (e-KTP) di kementerian yang dipimpinnya. Menurutnya, e-KTP tidak hanya mampu meminimalisasi ancaman teroris yang menyaru dengan berbagai identitas. Gamawan malah menyebut e-KTP itu juga melindungi kaum ibu dari suami yang doyan kawin. Kok bisa?

Berbicara pada acara pemberian piagam penghargaan dan penyerahan e-KTP kepada pemerintah kabupaten/kota se-Nangroe Aceh Darussaalam (NAD) di pendopo Gubernur NAD,  Mendagri mengatakan bahwa dengan pola pengamanan e-KTP yang menggunakan pemindai dan retina mata akan menyulitkan seseorang untuk menggandakan identitas ataupun memiliki KTP lebih dari satu.

"Ini efektif. Sampai yang punya istri tiga pun bisa diketahui karena di mana-mana tercatat dan data sidik jarinya langsung terekam di Kemendagri," kata Gamawan.

Tak berhenti di situ. Gamawan juga mengatakan bahwa sudah menjadi kebiasaan jika dalam formulir kependudukan seorang istri akan mencatatkan nama suaminya. Dengan demikian pria beristri tak bisa mengaku bujangan lagi saat berurusan dengan urusan administrasi pemerintahan.

 

BANDA ACEH - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi tak henti-hentinya membanggakan proyek KTP elektronik (e-KTP) di kementerian yang dipimpinnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News