Blokir Tongkang Batubara, Pemuda Kalimantan Siapkan 250 Perahu

Blokir Tongkang Batubara, Pemuda Kalimantan Siapkan 250 Perahu
Blokir Tongkang Batubara, Pemuda Kalimantan Siapkan 250 Perahu
JAKARTA - Forum Peduli Banua Kalimantan Selatan (FPB Kalsel) semakin serius menyiapkan pemblokiran tongkang angkutan batubara agar tidak keluar dari Kalimantan. Buktinya, sejumlah elemen masyarakat di Kalsel sudah menyiapkan perahu rakyat (klotok, sampan bermesin) untuk menutupi sungai yang menjadi alur lalu lintas tongkang pengangkut batubara.

Menurut Deklarator FPB Kalsel, Berry Nahdian Furqon, sedikitnya klotok yang disiapkan berjumlah 250 unit.

"Kami bangga, karena perahu itu sebagian besar adalah pastisipasi masyarakat. Dengan jumlah sebanyak itu, maka sungai akan terhalang. Tidak akan ada angkutan batubara yang bisa keluar dari Kalsel, khususnya yang berkaitan dengan penyuplai PLN," jelas Berry kepada wartawan di Jakarta, Minggu (13/5).

Mantan Direktur Eksekutif Walhi Nasional itu menambahkan keseriusan masyarakat Kalimantan memblokir keluarnya batubara dari pulau tersebut sebagai bentuk pembangkangan atas ketidakadilan energi. "Semoga dengan aksi ini, pemerintah pusat lebih mendengarkan aspirasi rakyat kami. Rakyat kami bukan hanya dijadikan sekadar pelengkap penderita di negeri ini," tegasnya.

JAKARTA - Forum Peduli Banua Kalimantan Selatan (FPB Kalsel) semakin serius menyiapkan pemblokiran tongkang angkutan batubara agar tidak keluar dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News