KNKT Butuh Seminggu Teliti CVR Sukhoi

KNKT Butuh Seminggu Teliti CVR Sukhoi
KNKT Butuh Seminggu Teliti CVR Sukhoi
JAKARTA - Black box berisi cockpit voice recorder (CVR) milik Sukhoi Superjet 100 sudah diterima oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Tim dari KNKT membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk membaca rekaman pembicaraan di cockpit pesawat Sukhoi nahas tersebut.

 

"Seperti yang tadi dibicarakan, sekitar seminggu lah kita bisa," kata Kepala Tim Laboratorium KNKT, Budi Nugroho dalam jumpa pers di kantor KNKT Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (16/5).

 

Budi memastikan, black box yang gosong tidak merusak perangkat memori elektronik CVR di dalamnya. Untuk membaca CVR, perangkat memori dalam black box akan dilepaskan dari black box dan kemudian data suaranya diunduh. Tim KNKT butuh penterjermah dari Rusia untuk membaca CVR.

 

"Karena ini menggunakan pesawat Sukhoi yang menggunakan bahasa mereka, kita butuh bantuan KNKT rusia untuk menerjemahkannya. Nah yang bisa kita tangkap adalah komunikasi pilot dengan tower yang menggunakan bahasa Inggris," ujar Budi.

 

JAKARTA - Black box berisi cockpit voice recorder (CVR) milik Sukhoi Superjet 100 sudah diterima oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News