Dahlan Tantang Petani Tebu

Dahlan Tantang Petani Tebu
Dahlan Tantang Petani Tebu
SURABAYA-Dahlan Iskan nampaknya sedang giat untuk merealisasikan swasembada gula pada tahun 2014.  Menteri BUMN itu terus melakukan lawatan ke pabrik-pabrik milik pemerintah untuk mencari solusi.

Setelah, mengadakan sidak PT Madu Baru, PG-PS Madukismo pada tanggal minggu lalu (13/5), dia juga mengadakan inspeksi ke Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo kemarin (17/5). Yang menarik, Dahlan ternyata menantang para petani tebu disana untuk menaikkan rendemen gula yang tahun lalu berkutat di angka rata-rata 7,3.

Dalam diskusi yang dilaksanakan seusai inspeksi dahlan, Ketua DPC Sidoarjo APTRI Slamet Rendemen mengeluarkan unek-unek. Dia menyesalkan kualitas rendemen di indonesia. "Kami lihat rendemen di luar negeri sudah sampai 15-16 persen. Sedangkan rendemen indonesia hanya 7 persen," katanya.

Penyebab utamanya, lanjut dia, adalah kinerja pabrik gula yang tak efisien. Menurtnya, pabrik gula di luar negeri adalah pabrik yang dibangun antara tahun 1975-1990. sedangkan, pabrik gula di indonesia sudah dari jaman belanda. "Kalau ingin swasembada gula terwujud. Kami harap pabrik ini direvitalisasi," ucapnya.

SURABAYA-Dahlan Iskan nampaknya sedang giat untuk merealisasikan swasembada gula pada tahun 2014.  Menteri BUMN itu terus melakukan lawatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News