FKIP Masih Menjadi Idola

Peminat yang Gugur, Jadi Santapan Kampus Swasta

FKIP Masih Menjadi Idola
FKIP Masih Menjadi Idola
JAKARTA - Profesi guru masih menjadi idaman sebagian besar calon mahasiswa baru. Kondisi ini setidaknya tergambar dari pola pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis. Hingga saat ini, program studi (prodi) di rumpun fakultas ilmu pendidikan dan kependidikan (FKIP) ramai diserbut pendaftar.

Kecenderungan prodi di FKIP yang ramai diserbut pendaftar SNMPTN ini dipaparkan Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Rochmat Wahab kemarin (19/5). Tidak tanggung-tanggung, dia memperkirakan pendaftar SNMPTN jalur ujian tulis yang meminati prodi FKIP lebih dari separuh.

Pria yang juga menjadi rektor UNY itu menuturkan, kecenderungan banyaknya pendaftar SNMPTN jalur tulis di FKIP ini mengulang fenomena SNMPTN tahun lalu. "Saya rasa sampai pendaftaran SNMPTN (jalur ujian tulis, red) ditutup, pendaftar di FKIP masih mendominasi," katanya.

Rochmat menjelaskan, tidak seluruh prodi di FKIP ramai pendaftarnya. Dia mencatat,  untuk sementara prodi yang paling diminati adalah pendidikan bahasa Inggris, pendidikan matematika, dan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD).

JAKARTA - Profesi guru masih menjadi idaman sebagian besar calon mahasiswa baru. Kondisi ini setidaknya tergambar dari pola pendaftar seleksi nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News