Jokowi Senang Konflik Penerus Keraton Usai

Jokowi Senang Konflik Penerus Keraton Usai
Jokowi Senang Konflik Penerus Keraton Usai
JAKARTA-Walikota Solo, Joko Widodo menghadiri acara syukuran perdamaian dua penerus Keraton Surakarta, Paku Buwono XIII Hangabehi dan Paku Buwono XIII Tedjowulan. Jokowi mengaku turut senang karena kedua raja Surakarta itu telah rukun kembali.

"Kemarin sudah ada kesepakatan, sudah ditandatangani beliau berdua. Kita amat berbahagia sekali bahwa beliau berdua dengan kerabatnya sudah rukun," kata Jokowi usai menghadiri acara selamatan di kediaman BRA Mooryati Soedibyo di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/5).

Kesepakatan damai kedua raja Surakarta itu ditandatangani tanggal 16 Mei lalu di Hotel Grand Mahakam. Jokowi turut hadir dalam acara pengesahan kesepakatan tersebut. Menurutnya, ia selaku pimpinan pemerintah daerah Surakarta hanya menjadi mediator dalam sengketa perebutan tahta raja di Keraton Surakarta setelah meninggalnya Paku Buwono XII pada tahun 2004.

"Fungsi pemerintah sebatas merukunkan. Kemudian pengelolaan kami serahkan ke Keraton. Moga-moga tidak ada masalah," ujar calon gubernur DKI Jakarta yang diusung PDIP dan Partai Gerindra ini.

JAKARTA-Walikota Solo, Joko Widodo menghadiri acara syukuran perdamaian dua penerus Keraton Surakarta, Paku Buwono XIII Hangabehi dan Paku Buwono

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News