Sport Center Dongkrak Harga Tanah

Sport Center Dongkrak Harga Tanah
Sport Center Dongkrak Harga Tanah
BOGOR- Pembangunan proyek pusat olahraga (Sport Center) di Bukit Hambalang, Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, masih menyisakan banyak pertanyaan. Terutama masalah harga pasti tanah yang memang tidak banyak orang mengetahuinya, berapa masyarakat menjual dan pemerintah membelinya.

Menurut sumber Radar Bogor (Grup JPNN), transaksi yang terjadi untuk membangun pusat olahraga terpadu itu hanya untuk membayar ganti rugi lahan garapan. Artinya, masyarakat penggarap lahan perkebunan mendapat dana kompensasi untuk meninggalkan mata pencaharian mereka dengan lembaran rupiah senilai hasil bumi yang selama ini dikeruk.

Awalnya, harga tanah di kawasan Hambalang berkisar antara Rp1000-22.500. Namun, sejak adanya megaproyek dengan hilir mudik truk-truk besar pengangkut paku bumi, harga tanah di sekitar hambalang langsung menjulang tinggi.

“Sebelum ada pembangunan ini, harga kisaran tanah sama rata, dikisaran terendah Rp1000-22.500 per meter. Itu bagi tanah garapan masyarakat. Sedangkan berbeda dengan tanah milik masyarakat yang memang memiliki bukti kepemilikan berupa akte dan girik, harganya bisa di kisaran Rp5000-20.000 per meter pada tahun 1995-1996,” kata dia. 

BOGOR- Pembangunan proyek pusat olahraga (Sport Center) di Bukit Hambalang, Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, masih menyisakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News