Bikin e-KTP Cukup 5 Menit

Bikin e-KTP Cukup 5 Menit
Bikin e-KTP Cukup 5 Menit
BATAM - Pengambilan data untuk Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Batam mulai dilakukan besok (1/6). Berdasarkan pelatihan yang dijalani oleh 48 pegawai dari 12 kecamatan di Kota Batam pada 29 - 30 Mei 2012, pengambilan data satu orang akan berlangsung singkat, hanya lima menit.

Dalam pelatihan yang dibimbing Sucofindo yang juga salah satu perusahaan dalam konsorsium proyek e-KTP, ada empat langkah yang harus dilakukan saat berada di kantor kecamatan untuk pengambilan data. Saat masuk di ruangan, penduduk yang datang membawa surat panggilan dan KTP lama menyerahkannya pada petugas. Setelah itu, penduduk menunggu panggilan petugas perekaman data.

Saat dipanggil, petugas operator akan melakukan verifikasi data kependudukan dan melakukan perekaman meliputi pengambilan pas foto, tanda tangan, sidik jari, dan iris mata penduduk. Usai perekaman petugas kecamatan akan membubuhkan tanda tangan dan stempel tempat pelayanan e-KTP pada surat panggilan penduduk yang akan dijadikan tanda bukti pegambilan e-KTP.

Khusus perekaman data, dalam pelatihan itu, petugas berulang kali berlatih menggunakan program e-KTP yang berbasis perangkat lunak Benroller versi 2.1, pemindai sidik jari, pemindai iris mata, signature pad untuk merekam tanda tangan, serta pengoperasian Kamera Canon EOS 1100 D.

BATAM - Pengambilan data untuk Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Batam mulai dilakukan besok (1/6). Berdasarkan pelatihan yang dijalani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News