Rupiah Melemah, Industri Resah

Rupiah Melemah, Industri Resah
Rupiah Melemah, Industri Resah
SURABAYA - Terus melemahnya kurs rupiah terhadap US dolar mulai membuat industri waswas. Jika pelemahan kurs tersebut berlangsung lama, itu akan menambah beban perusahaan, khususnya yang membutuhkan bahan baku dari impor serta memiliki utang dalam mata uang asing.

 

Salah satu perusahaan yang mulai menyiapkan antisipasi adalah PT Suparma Tbk. Produsen kertas itu harus mengimpor sekitar 35 persen bahan baku, selain masih adanya tanggungan utang valas USD 34 juta.

 

Direktur PT Suparma Tbk Hendro Luhur menyatakan, dengan posisi nilai tukar rupiah terhadap US dolar yang menyentuh level Rp 9.600 per US dolar kemarin, perusahaannya sulit memproyeksikan laba tahun ini. "Kurs dolar AS yang masih bergerak liar dan cenderung naik ini membuat harga bahan baku ikut naik, sementara harga jual produk yang hampir 90 persen dijual di pasar lokal sulit disesuaikan karena mengacu ke harga kertas dunia," ungkap Hendero setelah rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Surabaya, Rabu (30/5).

 

Mengurangi beban dengan mengalihkan pembelian bahan baku ke pasar lokal juga sulit. Sebab, produk Suparma memerlukan bahan baku dengan serat panjang yang tidak tersedia di pasar lokal.

SURABAYA - Terus melemahnya kurs rupiah terhadap US dolar mulai membuat industri waswas. Jika pelemahan kurs tersebut berlangsung lama, itu akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News