Kamis, 24 April 2014 | 23:51:46
Home / Olahraga / Piala Eropa 2012 / Setelah Dirombak Akhirnya Menang Juga

Jumat, 01 Juni 2012 , 09:38:00

BERITA TERKAIT

ROTTERDAM - Belanda akhirnya mencatat kemenangan dalam pemanasan menuju Euro 2012. Bertanding di Stadion De Kuip, Kamis (31/5), Belanda menang dua gol tanpa balas atas Slovakia. Sebelumnya, Oranje  -sebutan Belanda- keok masing-masing 2-3 dari Bayern Munchen (22/5) dan 1-2 dari Bulgaria (26/5).
 
Pelatih Belanda Bert van Marwijk kembali membuat perubahan dalam komposisi pemain. Di bawah mistar, kiper utama Maarten Stekelenburg kembali dipercaya setelah posisi itu sebelumnya ditempati Michael Vorm (lawan Bayern) dan Tim Krul (kontra Bulgaria).
 
Bek kiri yang dianggap sebagai titik lemah Belanda saat ini juga mengalami perubahan seiring keputusan Marwijk mereposisi gelandang Stijn Schaars. Dalam dua uji coba sebelumnya, Jetro Willems, yang masih 18 tahun diberi kesempatan.
 
Dalam registrasi skuad (28/5), Willems tercatat sebagai pemain termuda turnamen (18 tahun 59 hari). Jika dimainkan di Euro nanti, pemain asal PSV Eindhoven itu pun bakal memecahkan rekor Enzo Scifo (Belgia) sebagai pemain termuda sepanjang sejarah Euro. Ketika kali pertama tampil di Euro, Sciffo berusia 18 tahun dan 115 hari.
 
Marwijk juga memberi kesempatan menjadi starter kepada Ibrahim Afellay, winger Barcelona yang sepanjang musim lalu jarang tampil karena bergelut dengan cedera lutut. Afellay pun tidak menyia-yiakan kesempatan dengan menginspirasi gol pertama Belanda pada menit kedelapan. Dari crossingnya, defender Slovakia Kornel Salata menceploskan bola ke gawangnya sendiri.
 
Yang menarik, kali terakhir Afellay membela timnas sebelum laga kemarin juga ketika Belanda menghadapi Slovakia di perempat final Piala Dunia 2010. "Ini benar-benar menyenangkan. Kembali membela timnas dan mencatat kemenangan akan memberikan kepercayaan diri kepada saya," kata Afellay yang turun selama 75 menit itu kepada SBS.
 
Sayang, di saat Afellay kembali, dua pemainnya mengalami cedera. Defender Wilfred Bouma harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami cedera kepala setelah berbenturan dengan tandemnya di lini pertahanan, Johnny Heitinga, di akhir babak pertama. Bouma menyusul defender Joris Mathijsen yang terkena hamstring seusai lawan Bulgaria.
 
Gelandang serang Wesley Sneijder juga ditarik keluar enam menit setelah babak kedua berjalan karena gangguan engkel kiri. Sneijder digantikan Rafael van der Vaart yang akhirnya mencetak gol kedua Belanda di menit ke-76. Marwijk pun belum bisa memastikan kondisi Bouma dan Sneijder.
 
"Kami harus menunggu hasil scan Wilfried (Bouma), sedangkan cedera Sneijder semoga tidak serius karena dia selalu bermain di level tinggi dan dalam form terbaik selama latihan. Soal Mathijsen, dia akan siap melawan Denmark," papar Marwijk kepada Voetbal International.
 
Denmark yang dimaksud Marwijk adalah lawan pertama Belanda di Euro (9/6). Tapi, sebelum itu, Oranje masih akan menjani laga pemanasan terakhir lawan Irlandia Utara di Amsterdam Arena Sabtu besok (2/6). (dns/ruk)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar

      此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

      获取 Adobe Flash Player