Jumat, 28 November 2014 | 16:35:57
Home / Nasional / Humaniora / Eselon III dan IV Pemda Masih Aman

Minggu, 03 Juni 2012 , 05:50:00

JAKARTA - Penghapusan jabatan eselon III dan IV yang diserukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) belum sepenuhnya dipahami para pejabat. Karena itu, lembaga ini merasa perlu menjelaskannya lebih detail.
 
Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo mengatakan, program penghapusan eselon III dan IV mulai dijalankan tahun ini. "Tujuannya untuk memindahkan orientasi pegawai dari jabatan struktural ke jabatan fungsional," tandas guru besar UI itu.
 
Menurutnya, pegawai nantinya diharapkan bisa fokus pada pekerjaan melayani masyarakat. Sedangkan PNS yang menduduki jabatan struktural kurang berkaitan langsung dengan pelayanan itu. Selain itu, penghapusan diharapkan mampu mengurangi biaya yang tidak diperlukan untuk memberikan fasilitas dinas dan jabatan kepada pejabat eselon III dan IV.
 
Deputi Kelembagaan Kemen PAN-RB Ismadi Ananda menjelaskan lebih rinci malasalah ini. "Tentu saja ada yang resah dan gelisah terkait program ini," ujarnya.
 
Berdasar catatan Kemen PAN-RB, pada 2010, di 34 kementerian saat ini ada 5.102 PNS yang menduduki jabatan eselon III dan 12.856 PNS duduk di jabatan eselon IV. Menurut Ismadi, jabatan eselon III dan IV yang bakal dihapus ini khusus pada unsur pelaksana di instansi pusat atau kementerian. "Jadi saya tegaskan, program ini belum menyentuh pemerintah daerah," katanya. Dengan demikian, jabatan eselon III dan IV mulai dari pemprov, pemkab, dan pemkot untuk sementara aman.
 
Merujuk pada Undang-undang tentang Kementerian Negara, unsure-unsur di kementerian yang tertinggi adalah pemimpin atau menteri. Selanjutnya unsur pembantu pemimpin yaitu sekretariat jendral.

Kemudian di tingkat bawahnya lagi adalah pelaksana tugas pokok yaitu direktorat jenderal. Lalu unsur pengawas yaitu inspektorat jenderal. Selanjutnya unsur pendukung yaitu badan atau pusat. Dan paling buncit adalah unsur pelaksana tugas pokok di daerah-daerah atau di luar negeri. "Nah yang dihapus itu eselon III dan IV di unsur pelaksana dan unsur pendukung," kata Ismadi. Eselon III dan IV di luar dua unsur itu, masih aman dari program penghapusan.
 
Ismadi menjelaskan, di antara jabatan eselon III dan IV di unsur pelaksana dan unsur pendukung yang akan dihapus adalah kepala sub direktorat, kepala seksi, dan kepala sub bidang. Dengan demikian, PNS-PNS yang menduduki jabatan itu harus legawa lengser karena jabatan mereka dihapus.
 
Menurut Ismadi, pemerintah tidak hanya menjalankan program penghapusan ini begitu saja. Tetapi sejak awal sudah menyiapkan upaya untuk memberikan kompensasi bagi PNS yang menduduki jabatan-jabatan tersebut.
 
Kompensasi yang paling utama adalah, pemerintah menambah pos jabatan fungsional. Saat ini jabatan fungsional ada 116 unit. Nah, ketika jabatan eselon III dan IV itu dihapus, jabatan fungsional ditambah menjadi sekitar 200 unit.
 
Menurut Ismadi, jabatan fungsional yang akan digenjot keberadaannya adalah analisis jabatan, analisis pegawai, analis keuangan, dan auditor. Dengan adanya jabatan analis-analis ini, diharapkan bisa mempermudah kementerian untuk mengusulkan pegawai baru.
 
Meski demikian, ada juga sejumlah jabatan eselon III dan IV di kementerian yang dipertahankan. "Karena memang masih dinilai sangat berkaitan dengan layanan kepada masyarakat," katanya. Jabatan eselon ini antara lain, kepala kantor imigrasi, kepala kantor pertanahan, dan kepala UPT-UPT lainnya yang berkaitan langsung dengan layanan masyarakat. (wan/nw)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 25.06.2014,
        07:19
        good backlinks
        6PF4gm I think this is a real great post.Much thanks again. From mobile
      2. 20.05.2013,
        10:31
        PNS ESELON III DAERAH
        ESELON III DAERAH PERLU DI HAPUS JUGA, SAYA LEBIH SENENG JADI FUNGSIONAL DARIPADA STRUKTURAL LEBIH BISA INDEPENDEN
      3. 15.04.2013,
        13:25
        pns daerah
        tolong pak, di awasi anggaran perjalanan dinas real tapi fiktif(dengan JUDUL : koordinasi/studi komparasi/studi banding, saya udah capek bikin laporan sppd atasan saya terus, makin lama saya makin pinter berbohong pada rakyat From mobile
      4. 04.03.2013,
        21:01
        erwin
        tolong beri sekarang pak uang pensiun, yg masa kerja 20 tahun lebih,gol II terima 1 milyar, gol III terima 1,5 milyar, tlong pak,uang diptar usha
      5. 29.01.2013,
        11:29
        erwin
        penghapusan justru yg cocok di pemda-penda, karena jabatan fungsional spesial mlayani masyarakat terletak didaerah, agar lebih fokus mlayani masy
      6. 03.01.2013,
        00:30
        erwin
        yth pak menpan rb pns yang sudah kerja 20 tahun tolong dikasih aja pensiun 1 mlyar gol 3 biar uang ini diputar. umur tak usah dilhat 40 keatas ck
      7. 18.11.2012,
        12:57
        semar
        berdasar pengalaman kepala UPT dan kantor sebaiknya dihapus saja karena jd ajang jual beli jabatan. Diganti pejabat administratur saja pak.
      8. 09.10.2012,
        19:40
        erwin
        pk prsidn, pk menpn tlong dpercpet PP pensiun dn dsosialskan, msa krja yg sdah 20 thun dn umr jngan dikaitkan, gol 3 trma 1 m, gol 4 trma 1,5 m, krna rtusan rbu asn akan mndaftr mngmbl ini, krna mreka akan brkiprah dbidng msing 2, krna sdah llelah krja sbgai asn, krna mkan hati sja, tlong ya pk drcepat pp nya From mobile
      9. 27.09.2012,
        19:48
        erwin
        kepentingan nasional adalah sgala galanya, pmbubran jbatan tdak dipusat sja, tpi hrus smpai ke daerah 2, uang ngara sngat dperlukan utk pmbngunan strategis, dripada megaji asn yg mkan gaji bta, yg minta pnsiun kasih, jabtan dpusat dan daerah hapuskn sja, tdak usah ragu 2, sparoh dri jmlah asn skrng krja hnya dduk 2 sja, yg bnyak tak krja itu pgawai pemda 2, YANG MINTA PNSIUN KASIH PAK, YG PNTING MASA KERJA SDAH 20 THN, TDAK USAH UMUR 50, UMUR 47 MINTA PNSIUN KASIH PAK, jangan sprti yunani pmerintah yg mempensinkn asn nya, klau mita pnsiun kasih sja pk From mobile
      10. 27.09.2012,
        19:24
        erwin
        pk menpan, asn klau sdah punya masa krja 20 thn minta pnsiun kasih sja pak, wlaupun umr 47 thn, yg pnting masa kerja sdah 20 thn, asn di ind, kbayakan pak, idealya cma 3 jta sja, 2 jta pun jmlah asn sbang mrauke, msyrkt ind akan ttap bsa dlayani, knapa dmikian, krna sparoh dri jmlah asn skrang krjanya hnya ddk 2 sja From mobile