Jam Buka-Tutup Bandara Juga Harus Sama

Jam Buka-Tutup Bandara Juga Harus Sama
Jam Buka-Tutup Bandara Juga Harus Sama
KETUA Perbanas Sigit Pramono berharap agar rencana penyatuan zona waktu tak terhenti pada sekadar wacana yang justru bakal memicu proa dan kontra. Kalau pemerintah memang yakin dampaknya positif, harus segera direalisasikan.

"Secara bisnis, perbankan sangat diuntungkan karena penyatuan zona waktu menutup kemungkinan terjadinya perbedaan kurs antar bank di tiga wilayah waktu Indonesia. Jadi, kami tak perlu melakukan penyesuaian harga," ujarnya.

Dukungan juga datang dari Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas. "Ini akan memudahkan masyarakat karena contohnya dengan perbedaan dua jam, teman-teman di Indonesia Timur baru bisa kliring jam 10 karena di Jakarta kliring baru dibuka jam 8 pagi," ujarnya.

Ronald menjelaskan, penyatuan waktu itu akan sangat menguntungkan proses transaksi keuangan yang selama ini sistemnya terintegrasi di Jakarta. Buntutnya, jalannya bisnis dan kegiatan ekonomi lain bakal lebih efisien.

KETUA Perbanas Sigit Pramono berharap agar rencana penyatuan zona waktu tak terhenti pada sekadar wacana yang justru bakal memicu proa dan kontra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News