Eks Kepala Intelijen Kadhafi Disidang

Eks Kepala Intelijen Kadhafi Disidang
Eks Kepala Intelijen Kadhafi Disidang
TRIPOLI – Sidang atas mantan petinggi Libya era rezim Muammar Kadhafi dibuka kemarin (5/6). Yang diadili kali ini adalah mantan Kepala Intelijen Luar Negeri Bouzid Dorda (atau, Buzeid Dorda).

Dia merupakan mantan pejabat pertama Libya dari era mendiang Kadhafi yang diadili atau menjalani persidangan. Dorda didakwa sebagai orang yang bertanggung jawab atas pembunuhan demonstran yang memprotes dan menentang rezim Kadhafi.

Dia datang ke pengadilan dengan menggunakan dua alat bantu penyangga kaki (kruk). Lantas, Dorda duduk di kursi dari balik jeruji besi ketika hakim membacakan daftar panjang dakwaan atas dirinya. Termasuk, memerintahkan pembunuhan atas demonstran selama revolusi rakyat yang berakhir dengan tewasnya Kadhafi pada Oktober 2011.

Sebagai bagian dari lingkaran dalam sang tiran, Dorda bertanggung jawab atas penahanan siapapun yang diduga telah melakukan kejahatan tanpa perlu mendapatkan bukti lebih dulu. Dia juga menggunakan kekerasan atau ancaman kepada orang lain untuk menggunakan hak-hak politiknya.

TRIPOLI – Sidang atas mantan petinggi Libya era rezim Muammar Kadhafi dibuka kemarin (5/6). Yang diadili kali ini adalah mantan Kepala Intelijen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News