Rabu, 23 Juli 2014 | 12:37:27
Home / Nasional / Hukum / Gayus Kini Menghuni Lapas Sukamiskin

Rabu, 06 Juni 2012 , 08:50:00

BERITA TERKAIT

BANDUNG- Gayus Halomoan Tambunan, terpidana kasus mafia pajak kini sudah berada di Bandung. Gayus dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sejak Jumat 1 Juni 2012.  Terpidana korupsi pajak tersebut sebelumnya menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang Jakarta.

Pindahnya Gayus ke Lapas Sukamiskin dibenarkan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat (Jabar), Dedi Sutardi. "Sejak Jumat malam 1 Juni sudah di Sukamiskin kemarin," kata Dedi kepada wartawan via telepon, kemarin (5/6).

Dedi mengatakan, Gayus meluncur dari Jakarta menuju Lapas Sukamiskin Jumat 1 Juni 2012 malam. Dan tiba di Lapas Sukamiskin pukul 00.15 WIB pagi.
Saat ini Gayus menempati ruang tahanan di Blok Barat Atas Nomor 16. Namun Dedi tidak tahu alasan dipindahnya Gayus ke lapas tersebut. Sebab, alasan pastinya ada di Lapas Cipinang. "Untuk Sukamiskin, kami terima saja," tandasnya.

Dedi mengatakan, Gayus tiba dengan pengawalan. Tetapi, dirinya tidak mengetahui apakah Gayus didampingi keluarga dan kuasa hukumnya atau tidak. Gayus terakhir divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak ini tersandung perkara korupsi dan pencucian uang. Sebelumnya, Gayus divonis untuk tiga perkara lain, yakni pemalsuan paspor, penggelapan pajak, dan penyuapan dengan total hukuman selama 22 tahun.

Pria yang pernah kabur ke Singapura ini disebut melanggar dakwaan pertama yaitu Pasal 12 huruf b ayat 1 dan 2 UU Pemberantasan Korupsi Nomor 31 tahun 1999, dakwaan kedua yaitu Pasal 12 huruf b ayat 1 dan 2, dakwaan ketiga yaitu Pasal 3 ayat 1 (a) tentang UU Tindak Pidana Pencucian Uang dan dakwaan keempat yaitu Pasal 5 ayat 1 UU Pemberantasan Korupsi Nomor 31 Tahun 1999. (apt)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar