Calhaj Lansia Capai 290 Ribu, Diberangkatkan Bertahap

Calhaj Lansia Capai 290 Ribu, Diberangkatkan Bertahap
Calhaj Lansia Capai 290 Ribu, Diberangkatkan Bertahap
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mencatat, hingga saat ini ada sebanyak 290 ribu orang calon jamaah yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia). Jumlah tersebut merupakan bagian dari jumlah total daftar tunggu sebanyak 1,8 juta orang. Sejumlah calon jamaah haji lansia tersebut sebagian besar berusia 70 hingga 100 tahun ke atas.

“Jumlah calon jamaah haji lansia kita ternyata sangat banyak sekali. Berdasarkan data dari Sistem komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), ada sebanyak 290 ribu calon jamaah haji yang bisa dikatakan lansia,” ungkap Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali, di Jakarta, Kamis (7/6).

Dengan begitu, Suryadharma menerangkan, pihaknya akan menerapkan kebijakan prioritas untuk pemberangkatan calon jamaah haji lansia tersebut. Sehingga, calon jamaah haji lansia itu bisa diberangkatkan ke Arab Saudi secara bertahap setiap tahunnya.

“Secara bertahap itu, misalnya tahun 2012 ini diprioritaskan untuk usia 80 tahun. Kemudian, di tahun 2013 diprioritaskan untuk lansia berusia 70 tahun, tahun 2014 untuk lansia tahun 60 tahun. Begitu juga seterusnya dan kita harapkan semua antrian calon jamaah haji lansia bisa habis,” ujarnya.

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mencatat, hingga saat ini ada sebanyak 290 ribu orang calon jamaah yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News