SBY Diminta Tangkap Penembak Papua

SBY Diminta Tangkap Penembak Papua
SBY Diminta Tangkap Penembak Papua
JAKARTA – Kaukus Papua di Parlemen RI mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menangkap pelaku penembakan misterius di pulau paling timur Indonesia itu. Selain itu, SBY juga diminta menindak tegas aparat yang melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dengan membabi buta, membunuh serta membakar rumah masyarakat.

Kaukus Papua yang diwakili Koordinator Paskalis Kossay, anggota DPR dapil Papua Agustina Basik-basik, Peggy Patricia Patipi Muis, Diaz Dwijangge dan Tokoh Masyarakat Papua Murdiono,  saat konfrensi pers di pressroom DPR, Jumat (8/6) mengeluarkan lima butir tuntutan kepada SBY.

Pertama, mendesak SBY segera membentuk tim investigasi independen. Kedua, membuka akses yang lebih luas bagi pekerja kemanusiaan maupun media massa untuk mengakses informasi dan mengadvokasi setiap kejadian di lapangan secara transparan, proporsional, akuntabel.

Ketiga, segera mengevaluasi kembali kebijakan negara terhadap penempatan kekuatan TNI-Polri di Papua yang jumlahnya melebihi rasio jumlah penduduk lokal. Keempat segera membuka pintu dialog dengan rakyat Papua dalam rangka memerkuat pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

JAKARTA – Kaukus Papua di Parlemen RI mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menangkap pelaku penembakan misterius di pulau paling timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News