Jumat, 19 Desember 2014 | 23:31:00
Home / Politik / Pilkada / Demokrat Tak Layani Lobi

Sabtu, 09 Juni 2012 , 08:56:00

JAKARTA - Partai Demokrat tampaknya serius menjadikan hasil survei sebagai patokan menentukan cagub yang akan diusung di pilgub Sumut 2013 mendatang. Ketua Tim Khusus penjaringan bakal cagub Sumut Partai Demokrat, Jhony Allen Marbun, meminta agar para kandidat tak usah melobi para petinggi partainya.

"Lobi ke DPP tak ada artinya. Lobi yang pas ya ke Tuhan, minta agar rakyat Sumut memilih dia. Tak ada gunanya lobi ke kita," ujar Jhony Allen saat dihubungi JPNN dari Jakarta, kemarin.

Saat dihubungi Wakil Ketum DPP Demokrat itu mengaku sedang berada di Deliserdang, mendampingi Ketum Demokrat, Anas Urbaningrum.

Dia juga mengatakan, dirinya, termasuk Anas, memang merestui Sutan Bathoegana untuk ikut maju sebagai balon cagub. Hanya saja, lanjutnya, "restu" itu tidak bisa dimaknai bahwa Sutan lah yang nanti dipastikan akan diusung sebagai cagub oleh Demokrat.

Namun, bebernya, restu diberikan untuk proses sosialisasi sebagai kandidat cagub. "Karena siapa pun yang ingin mau, siapa yang punya kewenangan melarang? Tadi Mas Anas juga bilang, semua calon direstui, dalam arti prosesnya. Biar berproses dulu, nanti bagaimana, ya menunggu hasil survei," terang Jhony.

Mengenai surveinya sendiri, lanjut Jhony, baru akan dilakukan pekan ini, dan diselesaikan dalam waktu sekitar 20 hari ke depan. Kamis (7/6) lalu, Tim Khusus yang dipimpin Jhony sudah menginventarisir nama-nama kandidat yang akan disurvei oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Itu merupakan survei pertama. Sedang survei kedua, lanjutnya, akan dilakukan lagi pada Agustus 2012.

Bagaimana jika hasil survei Demokrat menghasilkan nama yang sama dengan hasil disurvei partai lain? Jhony tidak mempersoalkan hal itu.

Dijelaskan, jika nama yang punya tingkat elektabilitas tertinggi berdasarkan survei juga diincar partai lain, maka Demokrat membuka peluang berkoalisi, untuk mengusung nama tersebut.

Hanya saja, hal itu baru akan dilakukan jika nama tersebut benar-benar menonjol berdasar hasil survei. "Tapi kalau ada peringkat satu, dua, tiga, beda-beda tipis, masih bisa dikejar dengan kerja keras, maka Demokrat akan mengusung calon sendiri," ujarnya.

Jhony yakin, modal Demokrat untuk mengusung calonnya sendiri, sudah cukup kuat. "Sebanyak 16 Ketua DPC Demokrat di Sumut itu menjabat sebagai kepala daerah. Ini modal kerja, selain figur orang yang kita ajukan dan tim sukses," pungkasnya. (sam/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar