Senin, 28 Juli 2014 | 17:18:18
Home / Olahraga / Piala Eropa 2012 / Defoe Bikin Pede

Minggu, 10 Juni 2012 , 17:20:00

BERITA TERKAIT

KRAKOW - Inggris mendapatkan suntikan moral yang sangat penting menjelang laga perdana grup D melawan Prancis besok (11/6). Jermain Defoe yang sempat dikhawatirkan absen dipastikan bisa turun. Kemarin striker Tottenham Hotspur itu sudah bergabung dalam sesi latihan Three Lions.

Kamis lalu, Defoe meninggalkan base camp tim Inggris di Krakow karena ayahnya, Jimmy Defoe, meninggal dunia. Saat pulang dia tidak memberikan kepastian kapan akan kembali. Dia hanya bilang akan kembali bergabung dengan John Terry dkk saat urusan keluarganya sudah selesai.

Beruntung bagi Inggris, dia bergabung lebih cepat sehingga bisa mengikuti sesi latihan sebanyak mungkin. Meski masih tampak gurat duka di wajahnya, Defoe tampak bersemangat menjalani setiap instruksi yang diberikan tim pelatih.

"Saya ingin sesegera mungkin bergabung dengan tim. Saya ingin mendapatkan kesempatan untuk bermain lawan Prancis," kata defoe saat itu seperti dilansir The Telegraph.

Dengan berbagai masalah yang menimpa Inggris, tenaga Defoe sangat dibutuhkan untuk melawan Prancis. Dia diplot untuk mengisi posisi Wayne Rooney yang harus absen di dua laga awal karena skorsing.

Ketika Defoe belaum bergabung, pelatih Inggris Roy Hodgson sempat menjajal duet Andy Carroll dengan Danny Wellbeck. Namun, jam terbang keduanya yang minim, membuat Defoe lepih meyakinkan untuk laga super berat melawan Prancis.

Defoe bergabung, namun bukan berarti masalah Three Lions tuntas. Hodgson masih dipusingkan dengan kondisi kebugaran dua defender utama Ashley Cole dan John Terry. Keduanya sedang menjalani perawatan setelah mengalami masalah otot.

Namun, kondisi itu tak menyurutkan tekad Hodgson untuk bisa membawa timnya meraih kemenangan. Dia tak gentar meskipun Prancis lebih diunggulkan karena rekor tak terkalahkannya dalam 21 pertandingan terakhir yang dijalani.

"Kami mungkin tidak dalam posisi diunggulkan dalam pertandingan ini. Tapi kami senang tim sudah bis melangkah sejauh ini. Dengan sedikit keberuntungan, kami bisa menang," katanya kepada itv.com.

Sederet problem pergantian pemain karena cedera memang dinilai sebagai sebuah masalah. Namun, pelatih 64 tahun itu mengaku telah menyiapkan alternatif-alternatif untuk memperkuat skuadnya menjelang laga melawan Prancis.

Hodgson tak memungkiri jika sisi pertahanan akan menjadi perhatian utamanya dalam laga tersebut. Dia menilai, dengan materi yang ada  di lini belakangnya saat ini, memang masih kalah kompak dibanding Prancis yang telah melalui banyak pertandingan di bawah pelatih Laurent Blanc.

"Tapi kami punya pemain yang berpengalaman, ada Terry, Ashley Cole, Lesscot, dan pemain lainnya," terangnya. Di sisi lain, dia menegaskan bahwa timnya tak akan melulu terkonsentrasi untuk bertahan. Inggris, lanjut Hodgson, telah menyiapkan skema dan komposisi di lini depan meski stok pemain depan yang bisa diturunkan tak banyak.

"Saya masih memikirkan antara Andy Carrol dan Danny Welbeck, siapa yang akan menjadi striker di tengah, dan siapa yang akan bermain lebih melebar," paparnya. (aam/ang)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar