Ribuan Calon Mahasiswa SNMPTN Jalur Undangan Tak Daftar Ulang

Ribuan Calon Mahasiswa SNMPTN Jalur Undangan Tak Daftar Ulang
Ribuan Calon Mahasiswa SNMPTN Jalur Undangan Tak Daftar Ulang
JAKARTA - Prediksi banyaknya calon mahasiswa dari SNM PTN jalur undangan yang tidak mendaftar ulang ternyata tepat. Panitia pusat SNM PTN memperkirakan, setelah masa daftar ulang ditutup ada 10 persen dari 53.034 calon mahasiswa tidak mendaftar ulang.

Pelaksanaan daftar ulang untuk calon mahasiswa yang diterima lewat SNM PTN jalur undangan ini digelar serentak Selasa (12/6) lalu. Sekretaris Pantia Pusat SNM PTN Rochmat Wahab kemarin (14/6) mengatakan, data kongkrit dari seluruh kampus yang menjalankan SNM PTN jalur undangan belum masuk ke pihaknya. "Datanya sementara masih di kanwil-kanwil. Tapi kami prediksi ada sekitar 10 persen yang tidak daftar ulang," kata dia.

Guru besar sekaligus rektor UNY itu hanya bisa menjabarkan kondisi di kampusnya sendiri. Rochmat menjelaskan, di UNY ada 107 calon mahasiswa non bidik misi yang sejatinya diterima SNM PTN jalur undangan tetapi tidak mendaftar ulang. Jika dibandingkan dengan total calon mahasiswa non bidik misi SNM PTN jalur undangan yang mencapai 900 orang lebih, jumlah yang tidak daftar ulang itu hanya sekitar 11 persen.

Rochmat menuturkan, banyak alasan yang menyebabkan mereka tidak mendaftar ulang. Diantara yang paling dominan biasanya adalah, para calon mahasiswa ini ternyata diterima di SNM PTN jalur undangan untuk pilihan yang kedua. "Calon mahasiswa ini masih penasaran untuk masuk pilihan pertama. Jadi mereka memilih ikut lagi SNM PTN jalur ujian tulis," terang dia.

JAKARTA - Prediksi banyaknya calon mahasiswa dari SNM PTN jalur undangan yang tidak mendaftar ulang ternyata tepat. Panitia pusat SNM PTN memperkirakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News