Kembaran Bumi Tersebar di Alam Semesta

Kembaran Bumi Tersebar di Alam Semesta
Kembaran Bumi Tersebar di Alam Semesta
COPENHAGEN - Hasil penelitian terbaru ilmuwan menunjukkan planet-planet kecil dapat terbentuk di daerah bintang-bintang yang miskin elemen berat. Hal ini meningkatkan kemungkinan planet kembaran bumi pun tersebar luas di alam semesta.

Hasil penemuan para peneliti University of Copenhagen antara lain menunjukkan planet-planet kecil juga dapat terbentuk di sekitar sangat berbeda. Di mana, sebelumnya ilmuwan berpikir planet-planet lebih mungkin terbentuk di sekitar bintang  yang memiliki banyak kandungan unsur lebih berat.

Penemuan menjanjikan tersebut telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature, seperti dilansir Escience (13/6). Saat ini telah ditemukan sekitar 3.000 exoplanet atau planet yang mengorbit bintang selain Matahari. Sekitar, 2.300 dari planet-planet potensial tersebut diamati dengan teleskop Kepler dengan mengukur kecerahan bintang-bintang induknya.

Jika sebuah planet bergerak di depan bintangnya, para astronom  kemudian mengukur derajat penurunan kecerahannya. Dan, jika hal ini terjadi berulang kali, dapat disimpulkan ada sebuah planet yang mengorbit pada bintang tersebut.

COPENHAGEN - Hasil penelitian terbaru ilmuwan menunjukkan planet-planet kecil dapat terbentuk di daerah bintang-bintang yang miskin elemen berat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News