Pemain Jangan Suka Merengek

Pemain Jangan Suka Merengek
Wartawan Jawa Pos Mohammad Ilham dengan wasit asal Inggris Howard Webb (kanan) di Stasiun Poznan Glowly. Foto: JAWA POS
WASIT selalu saja menjadi sorotan ketika ada insiden di lapangan. Situasi itu membuat tekanan kepada mereka sangat kencang. Apalagi, di Euro 2012, yang persaingannya ketat dan menjadi sorotan dunia. Tekanan itu ditanggapi dengan tenang oleh wasit asal Inggris Howard Webb.

Webb yang dulunya seorang polisi di Yorkshire, Inggris, dikenal sebagai wasit yang tegas dan cepat dalam mengambil keputusan. Memang, ada beberapa kontroversi yang sempat dibuatnya, termasuk ejekan dari sebagian suporter Inggris bahwa dia cenderung pro-Manchester United.

Namun, ditunjuknya Webb sebagai wasit final Liga Champions 2010 dan juga final Piala Dunia 2010 menjadi bukti reputasinya. Pada Euro 2012 ini dia juga bertugas sebagai wasit. Saat ini sudah dua laga yang dipimpinnya, saat Rusia menang 4-1 atas Republik Ceko (8/6) dan Italia imbang dengan Kroasia 1-1 (14/6).

Webb juga merupakan wasit yang dinilai berjasa ketika Fabrice Muamba terkapar akibat serangan jantung pada perempat final Piala FA antara Tottenham Hotspur dan Bolton Wanderers, 17 Maret lalu. Jawa Pos bertemu dengan Webb saat perjalanan kereta api dari Poznan ke Warsawa, berikut petikan wawancaranya.


Pekerjaan sebagai wasit penuh tekanan bagaimana Anda mengatasinya?

WASIT selalu saja menjadi sorotan ketika ada insiden di lapangan. Situasi itu membuat tekanan kepada mereka sangat kencang. Apalagi, di Euro 2012,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News