Selasa, 29 Juli 2014 | 11:38:37
Home / Jabodetabek / Sampah Jakarta Banjiri Pantai Pulau Untung Jawa

Minggu, 17 Juni 2012 , 18:02:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Pulau Untung Jawa menjadi salah satu destinasi favorit di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Sayangnya, keindahan pantai Pulau Jawa dinodai dengan banyaknya kiriman sampah yang datang dari kawasan pusat Jakarta dan Tangerang.
 
Dini, petugas pengelola Pulau Untung Jawa mengatakan bahwa sampah dari muara sungai di kota Jakarta terbawa arus ke Laut Jawa. Sampah yang kebanyakan berupa plastik bekas makanan kemudian terkumpul di sepanjang pantai Pulau Jawa. Pada musim penghujan, penduduk di sekita pantai sering menemukan berbagai barang rongsokan seperti meja, kursi, kasur dan lain sebagainya.
 
"Tapi setiap hari sampah-sampah dbersihkan untuk kenyamanan pengunjung," kata Dini saat ditemui di pinggir pantai Pulau Untung Jawa, Minggu (17/6).
 
Pemandangan pantai yang kotor tentunya bisa mengurangi kenyamanan berwisata di Pulau Untung Jawa. Padahal, jumlah wisatawan yang mengunjungi pulau yang dulunya bernama Amiterdam ini tidak sedikit. Menurut Dini, wisatawan yang mengunjungi Pulau Untung Jawa setiap pekannya mencapai 1.000 orang.
 
Untuk menjangkau Pulau Untung Jawa, cara tercepat yakni menggunakan perahu dari dermaga Tanjung Pasir di Tangerang dengan durasi perjalanan sekitar 20 menit. Bisa juga menggunakan speed boat dari dermaga Marina, Ancol dengan jarak tempuh sekitar 40 menit.
 
Di Pulau Untung Jawa, wisatawan bisa menyalurkan hobi snorkeling atau memancing. Di pantai Pulau Untung Jawa juga tersedia fasilitas olahraga air seperti speed boat.
 
Jika ingin bermalam, wisatawan bisa menyewa home stay dengan tarif Rp200 ribu hingga Rp800 ribu per malam. Cara lebih hemat, bisa juga mendirikan tenda di pinggir pantai. (dil/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar