Menlu Diminta Tingkatkan Wibawa Diplomasi RI

Menlu Diminta Tingkatkan Wibawa Diplomasi RI
Menlu Diminta Tingkatkan Wibawa Diplomasi RI
JAKARTA – Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Nurhayati Ali Assegaf, menegaskan pemerintah harusnya membuat diplomasi Indonesia lebih berwibawa di luar negeri. Apalagi Indonesia merupakan bangsa dan negara yang besar dengan sumber daya alam yang melimpah, sehingga banyak negara-negara  luar yang bergantung kepada Indonesia.

"Ini harusnya yang mampu membuat diplomasi kita lebih berwibawa. Dan ini adalah tugas Kemlu (Kementerian Luar Negeri),” kata Nurhayati, kepada wartawan, Senin (18/6), menanggapi klaim Malaysia terhadap Tari Tor-tor dan alat musik Gondang Sembilan.

Menurut Nurhayati, sebagai negara serumpun, banyak petinggi Malayasia yang berasal dari Indonesia. Karena itu, dirinya berharap masalah klaim budaya ini bisa diselesaikan oleh para pejabat tinggi Malaysia yang pernah lahir atau keturunan Indonesia.

"Kita seharusnya tidak boleh klaim-mengkalim suatu budaya. Jadi yang kita harapkan petinggi Malaysia yang pernah lahir atau berketurunan Indonesia dapat menyelesaikan sehingga tidak jadi kesalahan komunikasi semacam ini," kata dia.

JAKARTA – Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Nurhayati Ali Assegaf, menegaskan pemerintah harusnya membuat diplomasi Indonesia lebih berwibawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News