Awas, Sisingamangaraja Jangan Sampai Diklaim Malaysia

Awas, Sisingamangaraja Jangan Sampai Diklaim Malaysia
Awas, Sisingamangaraja Jangan Sampai Diklaim Malaysia
JAKARTA - Sastrawan asal Batak, Sihar Ramses Simatupang, mengatakan, Tor tor adalah milik semua kalangan Batak keseluruhan, baik Batak Toba, Batak Karo, termasuk Batak Mandailing, Simalungun, Pakpak.  Sedang Gordang Sambilan adalah milik Mandailing, yang juga Batak.

Sihar mengatakan, interaksi Mandailing (Batak) di masa lalu dengan Melayu sudah ada sejak lama, akulturasi dan penyebaran budaya pun dapat saja terjadi.  Dia pun menyinggung akulturasi yang dilakukan oleh Sisingamangaraja, dengan sejumlah orang Melayu saat itu.

Namun diingatkan, jangan karena Sisingamangaraja sudah berinteraksi dengan orang Melayu, lantas nantinya pahlawan besar kebanggaan Sumut ini juga diklaim Malaysia.

"Dalam sejarah, Sisingamangaraja itu sudah berinteraksi dengan orang Melayu, bangsa Batak juga telah berimigrasi ke seantero tanah Melayu, tapi jangan lantas  diklaim sebagai milik Malaysia," ujar Sihar, yang juga wartawan senior di Jakarta itu, kepada JPNNi kemarin (19/6).

JAKARTA - Sastrawan asal Batak, Sihar Ramses Simatupang, mengatakan, Tor tor adalah milik semua kalangan Batak keseluruhan, baik Batak Toba, Batak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News