Kelompok Medan Galang Dana Sejak Tahun 2000

Kelompok Medan Galang Dana Sejak Tahun 2000
Terduga teroris Rizky Gunawan dibawa petugas dari ruko di Jalan Pancing, Kecamatan Medan Tembung, Kamis (21/6). Foto: ANDRI GINTING/SUMUT POS
DENSUS 88 melakukan penggrebekan dan penangkapan sejumlah terduga teroris di Medan kemarin (21/6) .Pengamat terorisme, Dino Cresbon, kepada wartawan JPNN, Soetomo Samsu di Jakarta, kemarin menyatakan, kelompok Medan terendus sejak bom Natal tahun 2000 lalu. Berikut tanya jawabnya:


Sudah dengar ada penggrebekan terduga teroris di Medan?

Ya, tadi jam 10 ada lima yang ditangkap. Salah satunya Rizky. Nah, Rizky ini diduga punya koneksi dengan pembina Al Qaeda di Afganistan.


Apa peran kelompok Medan ini?

Kelompok ini punya kemampuan melakukan penggalangan dana, dengan modus cyber crime.  Dari penggerebekan ini ditemukan dokumen bahwa kelompok Medan ini merupakan basis konsolidasi yang terkait dengan jaringan Solo-Bandung-Banten. Konsolidasi untuk menyiapkan serangan.


Bagaimana alurnya, bisa tiba-tiba Densus dan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) bergerak di Medan?

Ini adalah upaya Densus 88 memutus gerakan mereka, hasil pengembangan penggrebekan di Bali. Nah, konsolidasi dana yang dilakukan oleh kelompok Medan ini untuk persiapan serangan ke Bali. Jadi, ini (penggrebekan di Medan, red) merupakan lanjutan dari Bali kemarin.


Jadi terduga teroris ini sudah lama di Medan?

DENSUS 88 melakukan penggrebekan dan penangkapan sejumlah terduga teroris di Medan kemarin (21/6) .Pengamat terorisme, Dino Cresbon, kepada wartawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News