Bukti Kejayaan Sepakbola Ukraina

Bukti Kejayaan Sepakbola Ukraina
Monumen untuk memperingati empat pemain Dynamo Kiev yang dibunuh Nazi karena menang dalam laga Deadly Match dengan Jerman. Dalam monumen tersebut terdapat kata-kata dalam bahasa Ukraina yang berarti: ""Mereka mati karena bertanding sepakbola. Tapi kehormatan mereka tak akan pernah mati. Orang-orang pemberani itu akan tetap menjadi pahlawan."". Foto: Agung Putu Iskandar/Jawa Pos
Dynamo Kiev adalah kebanggaan Ukraina. Sedangkan kebanggaan Dynamo Kiev adalah Stadion Dynamo Valeriy Lobanovskyi. Lobanovskyi, mantan pemain sekaligus pelatih klub paling moncer se-Ukraina itu, meletakkan dasar-dasar sepakbola modern pada diri klub ibukota tersebut sejak era Uni Sovyet.

     

Dynamo Kiev merupakan bagian dari sejarah panjang sepakbola Ukraina dan Uni Sovyet. Saat masih berada di bawah kekuasaan republik komunis itu, Ukraina merupakan salah satu wilayah yang paling banyak menyumbang talenta-telanta cemerlang sepakbola. Dynamo Kiev menjadi klub papan atas liga sepakbola Uni Sovyet dan berlanjut hingga Liga Premier Ukraina setelah komunis runtuh pada 1991.

     

Salah satu tokoh yang selalu diingat publik Kiev adalah Valeriy Lobanovskyi. Bahkan Andriy Shevchenko yang kini menjadi pujaan penggila bola se-Ukraina pun masih kalah pamornya. Lobanovskyi adalah pelatih pertama yang pada 1975 mempersembahkan piala Eropa bergengsi saat itu, Cup Winner"s Cup. Gelar yang sama diulang kembali oleh pelatih yang dikenal superkeras itu pada 1986.

     

Dia juga membawa klub Dynamo mendominasi sepakbola Uni Sovyet dengan delapan gelar liga Sovyet, enam piala Sovyet, dan tiga piala super Sovyet. Di masa Ukraina menjadi negara mandiri, Lobanovskyi masih pelatih utama klub. Dia mempersembahkan lima gelar Liga Primer Ukraina dan tiga Piala Ukraina. "Lobanovskyi lebih dari sekadar pemain dan pelatih. Dia juga lebih dari sekadar seorang legend," kata manajer Dynamo Kiev fans club Kirill Boyco yang menemani Jawa Pos berkeliling stadion legendaris tersebut.

     

Dynamo Kiev adalah kebanggaan Ukraina. Sedangkan kebanggaan Dynamo Kiev adalah Stadion Dynamo Valeriy Lobanovskyi. Lobanovskyi, mantan pemain sekaligus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News