Rabu, 22 Oktober 2014 | 10:08:34
Home / Olahraga / Piala Eropa 2012 / Spanyol Sudahi Eksperimen Tanpa Penyerang

Jumat, 22 Juni 2012 , 22:49:00

BERITA TERKAIT

DONETSK - Spanyol memang mampu melenggang ke babak perempat final. Namun, permainan La Furia Roja masih belum begitu menjanjikan. Menghadapi laga melawan Prancis, Minggu (24/6) dini hari WIB, pelatih Vicente Del Bosque diminta menyudahi eksperimennya yang tidak mengoptimalkan penyerang.
 
Eksperimen tersebut sudah dilakukan Del Bosque pada penyisihan grup lalu. Dalam tiga laga, hanya Fernando Torres yang sering mendapat kesempatan untuk bermain. Itu pun tidak pernah full time. Alhasil, tim jawara bertahan Euro itu kurang menggigit di lini depannya.
 
Banyak pihak yang meminta Del Bosque mengubah strateginya tersebut. Sebab, lawan Prancis berbeda dengan tiga lawan yang sudah mereka hadapi sebelumnya. Apalagi, jika berkaca pada laga lawan Italia dan Kroasia lalu, Spanyol justru kesulitan menciptakan gol.
 
Del Bosque nyaris tidak pernah memainkan deretan penyerang yang dimilikinya kecuali Torres. Padahal, selain Torres, Spanyol masih memiliki penyerang murni seperti Alvaro Negredo, Fernando Llorente, dan Pedro Rodriguez. Del Bosque malah lebih sering mempercayakan ujung tombaknya ke pemain tengah.
 
Mendapat desakan tersebut, pelatih yang dikontrak hingga 2016 mendatang itu tidak bergeming. Dia tetap akan mempertahankan gaya bermainnya itu. "Kami harus memiliki gaya yang bisa menjadi patokan. Itu justru yang membawa Spanyol melangkah sampai sejauh ini," kata pelatih berusia 61 tahun itu dikutip dari Telegraph.
 
Menurut mantan arsitek Real Madrid itu, sejauh ini sebenarnya tidak ada masalah dengan strateginya itu. Terlepas dari sulitnya Spanyol mencetak banyak gol dalam laga terakhir lawan Kroasia, itu bukan karena strateginya. "Karena lawan Kroasia kemarin kami tidak memiliki ruang yang cukup untuk mencetak gol," kilah Del Bosque.
 
Sejauh ini, tim Spanyol belum begitu ganas produktivitas golnya. Enam gol dalam tiga laga, atau dirata-rata hanya dua gol tiap pertandingan. Dua gol di antaranya diciptakan Torres. "Silakan saja orang tidak percaya dengan kami, tapi kami percaya dengan apa yang kami miliki," cetus Del Bosque.
 
Dilansir dari Reuters, pelatih yang mampu membawa Spanyol menjadi juara dunia 2010 itu mengakui bahwa Prancis bukanlah lawan enteng. "Dibanding tim lainnya (Inggris dan Ukraina, Red), merekalah yang paling berat. Mereka pintar dalam mengambil inisiatif serangan," ungkap Del Bosque saat diwawancarai stasiun radio Spanyol, Cadena Cope.
 
Pada laga terakhir lawan Kroasia kemarin, Spanyol sejatinya sudah menurunkan Torres dalam 60 menit pertama. Hanya, strategi pertahanan berlapis 4-2-3-1 ala Slaven Bilic mampu membuat penggawa Spanyol frustasi. Kemenangan baru bisa ditentukan dua menit sebelum laga usai, itu pun melalui gelandang Jesus Navas.
 
Torres mengakui jika strategi itu seperti tembok kokoh yang membatasi pergerakan dirinya dan penggawa Spanyol lainnya. "Belum pernah kami menembus pertahanan lawan sesulit ini. Strategi mereka benar-benar membuat kami mati kutu," jelas striker Chelsea itu kepada Sun Sport.
 
Terlepas dari banyaknya desakan kepada Del Bosque, para penggawa Spanyol memilih untuk tidak memikirkannya. Dan mereka menganggap strategi pelatihnya itu masih layak. "Yang kami butuhkan hanyalah konsetrasi lawan Prancis. Del Bosque sudah punya pilihan strategi, sekarang tinggal bagaimana cara kami memenangkan pertandingan itu," klaim penjaga gawang kedua Spanyol Victor Valdes.
 
Senada dengan Valdes, gelandang Andres Iniesta juga membela Del Bosque. "Semua orang berpikir kalau mereka bisa menjadi seperti pelatih, santai saja menanggapi hal itu. Semua tim juga dalam tekanan, bukan hanya Spanyol," beber gelandang serang andalan klub Barcelona itu. (ren)


Penampilan Penyerang di tim Spanyol :
Fernando Torres             3 kali main    151 menit
Alvaro Negredo                             1        1 menit
Fernando Llorente                        0        0 menit
Pedro Rodriguez                           0        0 menit

Pencetak Gol Spanyol :
Fernando Torres        Penyerang    2 gol
Cesc Fabregas         Gelandang    2 gol
Jesus Navas             Gelandang    1 gol
David Silva                 Gelandang    1 gol

Produktivitas Serangan (3 Pertandingan)
Total Shots     61
On Target       29
Off Target       17
Blocked         15
Gol                   6
 
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 23.06.2012,
        04:44
        surly
        I LOV FOOTBALL SPAYOL