Sabtu, 01 November 2014 | 04:28:00
Home / Olahraga / Piala Eropa 2012 / Strategi Rahasia Jogi

Jumat, 22 Juni 2012 , 23:09:00

BERITA TERKAIT

GDANSK - Portugal, Belanda, dan Denmark adalah tim-tim tangguh yang dibuat bertekuk lutut oleh Jerman di fase grup Euro 2012. Tapi, menghadapi Yunani yang secara kualitas individu dibawah ketiga tim tersebut, pelatih Jerman Joachim Loew dibuat pusing.
 
"Saya belum pernah menghadapi tim yang bermain sangat efisien, bertahan, perusak ritme permainan, dan memiliki pemain berkarakter pejuang tangguh. Berhadapan dengan Yunani seperti mengunyah batu bata," kata Loew di situs resmi UEFA.
 
Jogi " sapaan akrab Loew " telah meracik strategi tepat selama fase grup. Di antaranya keputusannya memilih Mario Gomez sebagai striker utama dibandingkan Miroslav Klose. Hasilnya, Gomez mengemas tiga gol dan menentukan kemenangan atas Portugal dan Belanda.
 
Begitu pula dengan keputusan Loew memainkan gelandang Lars Bender sebagai bek kanan. Pemain Borussia Dortmund itu mencetak gol penentu kemenangan ke gawang Denmark. Karena itu, patut ditunggu strategi apa yang diusung Loew untuk meredam Yunani.
 
Loew enggan memberi bocoran. Sesi latihan Jerman di Gdansk pun tidak hanya tertutup, melainkan juga tidak bisa diintip karena pagar pembatas ditutupi dengan kain. Jumlah petugas keamanan pun lebih banyak dari biasanya. Loew seakan tengah menyiapkan strategi rahasia. Apa itu "
 
Seusai melawan Denmark, Loew mengatakan apabila dirinya masih menunggu ledakan dari Mesut Oezil. Dibandingkan pemain starter lainnya, Oezil memang belum menunjukkan levelnya seperti saat membela Real Madrid. Nah, muncul opsi Loew akan memainkan Klose dan Gomez dengan mengorbankan Oezil.
 
Tapi, bisa juga Oezil dipertahankan, tapi dirotasi ke sayap kanan menggantikan Thomas Mueller yang masih dibawah performanya kala finis sebagai top scorer di Piala Dunia 2010. Tapi, legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer menilai kecil kemungkinan Loew merombak starter yang mengantarkan Jerman meraih hasil sempurna di fase grup.
 
"Jerman butuh improve dan itu bukan berarti mengubah susunan sebelas pemain," kata mantan pemain dan pelatih Jerman semasa masih bernama Jerman Barat tersebut.
 
Sementara itu, media-media Yunani memanaskan duel perempat final dengan memberi judul-judul provokatif seperti "Beri Kami Merkel Sekarang". Merkel yang dimaksud adalah Kanselir Jerman Angela Merkel. Juga "Bawa Jerman Kemari" seperti ditulis harian Sport Day.
 
Dibandingkan media Yunani, media Jerman terkesan pasif. Tapi, dalam pertandingan, fans Jerman bakal dominant mengingat Gdansk sangat dekat dengan negeri Tembok Berlin tersebut. Kabarnya, fans Jerman bakal mencapai 50 ribu dan itu berarti memecahkan jumlah fans terbanyak non-tuan rumah selama turnamen yang sebelumnya milik fans Republik Irlandia dengan 22 ribu. (dns)

Prediksi Jawa Pos*

Jerman Menang    43 %
Seri                          23 %
Yunani Menang     24 %
Keterangan : *)2x45 menit
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar