Badak Sumatera di Way Kambas Lahirkan Bayi Jantan

Badak Sumatera di Way Kambas Lahirkan Bayi Jantan
Badak Sumatera di Way Kambas Lahirkan Bayi Jantan
JAKARTA - Peritiwa penting dalam upaya perlindungan kelestarian badak kemarin terjadi. Seekor badak betina bernama Ratu pada Sabtu pagi sekitar pukul 00.45 melahirkan seekor bayi jantan di pusat penangkaran badak Suaka Rhino Sumatera di Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

    

"Alhamdulillah, setelah hamil selama 475 hari, Ratu melahirkan anak berkelamin jantan tadi pagi. Kelahiran berlangsung alami, ibu dan anaknya juga dalam keadaan baik, bahkan tadi pagi sudah bisa menyusui," ujar Kepala Pusat Informasi Kementerian Kehutanan Sumarto tadi malam (23/6).

Bayi badak jantan tersebut lahir dari perkawinan Ratu dengan seekor badak sumatera bernama Andalas yang lahir di Kebun Binatang Cincinnati di Amerika Serikat pada 13 September 2001. Andalas adalah badak pertama yang lahir di penangkaran dalam 112 tahun terakhir.

Pada 2007, Andalas dibawa ke Way Kambas untuk dijodohkan dengan Ratu, seekor badak liar yang tertangkap setelah keluar dari habitatnya. Setelah melalui tahap penjodohan selama beberapa tahun, Ratu akhirnya mau kawin dengan Andalas.

JAKARTA - Peritiwa penting dalam upaya perlindungan kelestarian badak kemarin terjadi. Seekor badak betina bernama Ratu pada Sabtu pagi sekitar pukul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News