Misi Antariksa China Sukses Docking di Luar Angkasa

Misi Antariksa China Sukses Docking di Luar Angkasa
Misi Antariksa China Sukses Docking di Luar Angkasa
BEIJING - Sebuah pesawat luar angkasa milik China, Shenzhou-9, Minggu (24/6) kemarin berhasil melakukan proses docking dengan stasiun luar angkasa mereka secara manual di orbit. Keberhasilan ini merupakan sebuah pencapaian besar dalam rencana ambisius negeri Tirai Bambu itu dalam membangun sebuah stasiun luar angkasa.

Pesawat ulang-alik Shenzhou-9 berhasil bergabung dengan modul Tiangong-1 seminggu setelah peluncuran misi luar angkasa bersejarah yang pertama kalinya melibatkan seorang astronot wanita China itu. "Docking manual pertama kalinya telah berhasil dilaksanakan dengan normal," kata pusat pengendali misi tersebut dalam sebuah pengumuman yang disiarkan langsung oleh saluran televisi milik pemerintah China.

Proses docking secara manual merupakan salah satu target utama yang ingin dicapai dalam misi Shenzhou-9 itu. Hal ini dikarenakan docking manual merupakan teknik yang sangat penting dalam proses pembangunan stasiun luar angkasa yang ditargetkan China bakal terwujud seluruhnya pada 2020 mendatang.

Hari Senin (18/6) lalu kedua modul sebenarnya sudah bersatu setelah melalui proses docking otomatis. Beberapa jam kemudian, 3 astronot yang mengawaki Shenzhou-9 memasuki modul Tiangong-1  yang tercatat untuk pertama kalinya dalam sejarah misi antariksa China.

BEIJING - Sebuah pesawat luar angkasa milik China, Shenzhou-9, Minggu (24/6) kemarin berhasil melakukan proses docking dengan stasiun luar angkasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News