Malaysia Dicurigai Incar Poco-Poco

Malaysia Dicurigai Incar Poco-Poco
Malaysia Dicurigai Incar Poco-Poco
JAKARTA - Setelah mengklaim tari Tor-Tor dan alat musik Gordang Sembilan, Malaysia dicurigai sedang membidik tari Poco-Poco yang merupakan tarian khas Manado, Sulawesi Utara, untuk diklaim sebagai tari yang berasal dari negeri Jiran itu.

“Sejak 2007, kalangan istana di Malaysia sangat gandrung dengan tari Poco-Poco. Saya khawatir akan kembali diklaim mereka. Saya melihat sendiri pihak istana Malaysia sampai memanggil guru tari Poco-Poco setiap malam.” kata Wakil Ketua MPR RI Melani Leimena Suharli dalam diskusi bertema “Perlindungan Atas Kebudayaan Nasional”, di gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (25/6).

Sebelum Poco-Poco diklaim oleh Malaysia, Melani berharap pemerintah Indonesia segera mendaftarkan semua kekayaan budaya Indonesia ke The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco). Walaupun dalam setahun Unesco hanya bisa menerima satu produk budaya untuk didaftarkan.

Terkait kasus tari Tor-Tor dan Gordang Sembilan, politisi Partai Demokrat ini meyakini Unesco akan menetapkan Indonesia sebagai pemilik tari dan alat musik yang berasal dari daerah Mandailing, Sumatera Utara itu, walaupun Malaysia sudah mendaftarkannya terlebih dulu.

JAKARTA - Setelah mengklaim tari Tor-Tor dan alat musik Gordang Sembilan, Malaysia dicurigai sedang membidik tari Poco-Poco yang merupakan tarian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News