Parpol Berbasis Islam Lagi Galau

Parpol Berbasis Islam Lagi Galau
Parpol Berbasis Islam Lagi Galau
JAKARTA - Lembaga Survei Nasional (LSN) mengungkapkan bahwa ada indikasi keresahan partai politik berbasis Islam karena popularitas dan dukungan yang kian menurun di mata masyarakat. Sejumlah partai itu di antaranya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Akibat keresahan itu, mereka mulai memilih untuk mengklaim diri sebagai partai terbuka, bukan parpol berbasis agama.

"Beberapa parpol kan mengaku sebagai partai yang terbuka. Padahal, mereka menggunakan simbol-simbol Islam di logo partainya. Jadi parpol Islam saat ini kayak ABG yang sedang galau dengan identitas partai mereka sendiri," kata Direktur Ekskutif LSN, Umar S Bakry di Jakarta, Selasa (26/6).

Faktor masyarakat yang tidak konsisten terhadap ideologi politik juga menjadi penyebab parpol Islam kian resah. Masyarakat Indonesia, kata Umar, adalah masyarakat yang religius. Namun, tidak semua memilih parpol berbasis Islam. Kebanyakan publik memilih parpol terbuka dan nasionalis.

"Kurang sosialisasi dari parpol-parpol itu juga membuat masyarakat tidak banyak tahu apa saja yang mereka bisa dapatkan dari parpol berbasis Islam," tutur Umar.

JAKARTA - Lembaga Survei Nasional (LSN) mengungkapkan bahwa ada indikasi keresahan partai politik berbasis Islam karena popularitas dan dukungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News