Jumat, 31 Oktober 2014 | 11:02:16
Home / Internasional / Asia / Didakwa Korupsi, Menteri Industri Kecil India Mundur

Rabu, 27 Juni 2012 , 14:41:00

Menteri Industri Mikro, Kecil dan Menengah India, Virbhadra Singh.

Foto : New India Express
Menteri Industri Mikro, Kecil dan Menengah India, Virbhadra Singh. Foto : New India Express
BERITA TERKAIT

NEW DELHI - Menteri Industri Mikro, Kecil dan Menengah India, Virbhadra Singh mengumumkan pengunduran dirinya Selasa (26/6), menyusul proses persidangan atas dirinya terkait tuduhan korupsi. Kasus ini dikabarkan semakin mencoreng citra Perdana Menteri Manmohan Singh yang pemerintahannya telah berungkali terguncang skandal korupsi.

“Saya sudah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Bapak Perdana Menteri dan kini semua terserah dirinya mau menerimanya atau tidak,” ucap Virbhadra Singh dalam konferensi pers di New Delhi, kemarin.

Pengunduran diri tersebut dilakukannya selang sehari setelah Virbhadra dan istri menjalani sidang perdana di sebuah pengadilan di Himachal Pradesh. Virbhadra didakwa melakukan korupsi 23 tahun silam, saat masih menjabat Perdana Menteri di negara bagian Himachal Pradesh.

PBaik Virbhadra maupun istrinya telah membantah tuduhan korupsi. Namun seorang pejabat senior di kantor Perdana Menteri India menyebut Manmohan Singh tetap menerima pengunduran diri Virbhadra.

Meski terjadi lebih dari 2 dekade lalu, kasus yang menjerat Singh semakin memperburuk citra koalisi pendukung pemerintah yang telah lama dicap korup. Salah satu kasus korupsi terbesar yang mengguncang India melibatkan mantan Menteri Telekomunikas A. Raja yang berhenti dari jabatannya bulan November 2010 lalu.

Raja dituduh dengan sengaja menjual lisensi pemanfaatan sistem komunikasi 2G kepada beberapa perusahaan yang berkaitan dengannya dengan harga jauh di bawah ketentuan. Raja akhirnya kemudian ditangkap dan saat ini sedang menjalani proses persidangan.(AFP/ara/jpnn)
 
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar