Rabu, 01 Oktober 2014 | 13:00:12
Home / Suryadharma Ali / Genjot Kualitas Madrasah Harus Diikuti Peningkatan Anggaran

Rabu, 27 Juni 2012 , 16:45:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali berkomitmen untuk menyetarakan mutu dan kualitas pendidikan madrasah dengan sekolah-sekolah regular yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Suryadharma juga menilai, madrasah telah mengalami transformasi dan lonjakan kualitas yang signifikan dalam sistem pendidikan nasional.

“Harus ada kesetaraan mutu dan kualitas madrasah dengan sekolah lain. Karena ini juga merupakan tuntutan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini,” ungkap Suryadharma di Jakarta, Rabu (27/6).

Dalam proses peningkatan mutu dan kualitas madrasah tersebut, lanjut Suryadharma, harus diikuti dengan peningkatan anggaran. Dengan begitu, maka dipastikan mampu mencapai target kesetaraan yang telat ditetapkan.

“Upaya kesetaraan mutu dan kualitas madrasah ataupun pesantren  ini tentunya harus ada dukungan anggaran. Sekaligus ini juga bentuk perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia yang dinilai masih rendah oleh UNDP,” jelasnya.

Ketua Umum PPP ini menambahkan, kualitas pendidikan madrasah saat ini sesungguhnya sudah bisa disejajarkan dengan sekolah-sekolah regular lainnya.

Contohnya, siswa-siswi madrasah juga mampu menyabet gelar juara Olimpiade Sains Internasional dan rata-rata nilai ujian nasional (UN) madrasah juga lebih tinggi dibanding dengan sekolah regular.

“Ini kebanggaan tersendiri di mana prestasi madrasah tidak kalah dengan sekolah regular. Ini bukan hanya prestasi yang cukup membanggakan Kementerian Agama (Kemenag), tetapi juga Indonesia,” imbuhnya. (cha/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar