Prototipe Mobil Listrik Diluncurkan

Prototipe Mobil Listrik Diluncurkan
Salah satu contoh mobil listrik hasil kerjasama Kemenristek dan LIPI dipamerkan di areal parkir gedung DPR RI, Rabu (27/6). Mobil ramah lingkungan itu berkapasitas angkut 17 penumpang. Foto: Arundono W/JPNN
JAKARTA - Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta mengatakan kerjasama Kemenristek dengan LIPI telah menghasilkan mobil listrik dengan kapasitas angkut 17 penumpang. Prototip mobil listrik itu, kata Gusti, telah mencapai tingkatan produksi siap pakai sebagai kendaraan on the road dan terbukti sangat baik digunakan untuk keperluan transportasi darat.

"Sebatas prototip, mobil listrik sudah mencapai tingkatan produksi siap pakai. Masalah yang kini dihadapan adalah belum siapnya Kemenristek dan LIPI memproduksi mobil ini secara massal," kata Gusti Muhammad Hatta, dihadapan sejumlah anggota Komisi VII DPR, di gedung Nusantara I, komplek Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (27/6).

Meski menghadapi berbagai kendala, lanjut Menristek, segala sesuatu menuju produksi massal terus dipersiapkakn secara cermat dan tepat hingga tiba waktunya nanti mobil listrik ini masuk pada tahap industri kendaraan nonbahan bakar minyak.

"Kemenristek, LIPI sedang melakukan riset pengembangan dan penyempurnaan produk di Markas Besar Pusat Penelitian dan Pengembangan Iptek, Serpong, di samping berkoordinasi dengan kementerian terkait dan sejumlah pelaku usaha untuk mempersiapkan penyempurnaan teknologi, regulasi dan fasilitas produksi serta mekanisme persaingan usaha yang sehat agar bus listrik nasional dapat diproduksi secara massal," tegasnya.

JAKARTA - Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta mengatakan kerjasama Kemenristek dengan LIPI telah menghasilkan mobil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News