Malaysia Klarifikasi Klaim Tari Tor Tor

Malaysia Klarifikasi Klaim Tari Tor Tor
MENARI: Sejumlah penari menarikan tarian tradisional Tor-tor Siputu Cawan. Foto: Andri Ginting/Sumut Pos/JPNN
JAKARTA - Pemerintah Malaysia meluruskan permasalahan pengklaiman tarian Tor Tor. Malaysia menganggap tidak mengklaim kebudayaan milik Indonesia tetapi untuk fasilitas pengembangan di Malaysia.

’’Masyarakat Mandailing di Malaysia mendaftarkan tarian Tor-Tor kepada pemerintah Malaysia agar diberikan anggaran dan fasilitas untuk pengembangan kebudayaan tersebut di Malaysia,’’ ucap Duta Besar Malaysia Mr. Syed Munshe Afdzaruddin Bin Syed Hassan pada acara Delegasi dengan Ketua DPD RI terkait pengklaiman Budaya Indonesia di Nusantara III Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (26/6).

Jadi, menurut Munshe, pemerintah Malaysia bukan bermaksud mengklaim kebudayan dari Indonesia. Hal itu sama seperti Barongsai yang merupakan kebudayaan China yang telah didaftarkan ke pemerintah Malaysia untuk mendapatkan fasilitas untuk pengembangan kebudayaan tersebut. ’’Pihak pemerintah bukan mengklaim, tapi hanya untuk memberikan fasilitas,’’ tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD RI Irman Gusman menjelaskan, kesalahpahaman ini perlu diluruskan agar hubungan Indonesia dengan Malaysia tetap berjalan baik. ’’Hubungan baik dengan negara tetangga kita Malaysia tetap harus diperhatikan, untuk itu permasalahan ini perlu diselesaikan dengan baik,’’ ujarnya.

JAKARTA - Pemerintah Malaysia meluruskan permasalahan pengklaiman tarian Tor Tor. Malaysia menganggap tidak mengklaim kebudayaan milik Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News