Marquez Bisa Langsung ke Repsol Honda

Marquez Bisa Langsung ke Repsol Honda
Marc Marquez. Foto: Getty Images
Setelah Jorge Lorenzo memastikan perpanjangan kontrak dengan Yamaha Factory, Repsol Honda tidak punya banyak pilihan untuk menggantikan Casey Stoner yang pension akhir musim nanti. Marc Marquez yang digadang-gadang untuk masuk tim pabrikan Honda itu terhalang aturan rookie. Dimana seorang debutan harus berkarir dulu di tim satelit sebelum promosi ke tim pabrikan.

   

Namun, kekhawatiran itu terjawab. Komisi Grand Prix MotoGP memutuskan bahwa aturan rookie itu tidak berlaku lagi untuk musim depan. Artinya, Marquez maupun pembalap Moto2 lain yang akan naik ke kelas utama bisa langsung memperkuat tim pabrikan.

   

Aturan rookie yang harus memperkuat tim satelit lebih dulu itu kali pertama diterapkan pada 2010. Salah satu alasan yang mendasari adalah pengurangan biaya. Itu juga untuk meningkatkan daya saing tim-tim satelit agar telenta muda hebat memperkuat mereka lebih dulu sebelum ke tim pabrikan.

   

Revisi aturan itu bukan berarti Marquez satu-satunya pilihan Repsol Honda untuk menggantikan Stoner. Valentino Rossi adalah alternatif lain. Bagaimana pun, Rossi masih salah satu yang terbaik di MotoGP. Reuni The Doctor dengan Honda yang telah memberikan beberapa gelar juara dunia tentunya akan menjadi kisah menarik tersendiri untuk MotoGP musim depan. (ady/ang)

Setelah Jorge Lorenzo memastikan perpanjangan kontrak dengan Yamaha Factory, Repsol Honda tidak punya banyak pilihan untuk menggantikan Casey Stoner


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News