Demo Tolak Newmont, Tiga Warga Peru Tewas

Demo Tolak Newmont, Tiga Warga Peru Tewas
Demo Tolak Newmont, Tiga Warga Peru Tewas
LIMA - Kerusuhan pecah di sebelah utara Peru, Selasa (3/7) akibat penolakan warga atas rencana pembangunan tambang emas oleh raksasa pertambangan Amerika Serikat, Newmont. Warga yang memrotes proyek tersebut bentrok dengan polisi hingga 3 orang tewas dan 20 lainnya terluka.

Dilaporkan AFP, Rabu (4/7) di antara korban tewas dalam insiden di Kota Celendin, wilayah Cajamarca tersebut adalah seorang remaja berusia 17 tahun. Selain itu, 15 orang pendemo dilaporkan telah ditangkap polisi di lokasi tambang yang bernama Conga.

Kerusuhan bermula setelah sekitar 1000 pendemo melemparkan batu sebagai bentuk protes ke berbagai gedung pemerintahan di Celendin. Polisi yang dipanggil ke lokasi lalu merespon dengan menembakkan gas air mata dan memukuli pendemo dengan pentungan.

“Dalam bentrok tersebut, dua petugas polisi terluka akibat tembakan yang dilepaskan oleh para pendemo yang mencoba mengambil alih kota,” tulis keterangan resmi dari Kementerian Dalam Negeri Peru. Pemerintah menuduh para demonstran melakukan tindakan kriminal.

LIMA - Kerusuhan pecah di sebelah utara Peru, Selasa (3/7) akibat penolakan warga atas rencana pembangunan tambang emas oleh raksasa pertambangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News