Senin, 21 April 2014 | 22:31:01
Home / Internasional / Asia / Presiden Kazakhstan Ultah, Beri Kado Masjid 5000 Jamaah

Sabtu, 07 Juli 2012 , 07:07:00

Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev.

Foto : Bloomberg
Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev. Foto : Bloomberg
RELATED NEWS

ASTANA - Pemerintah Kazakhstan Jumat (6/7) kemarin meresmikan sebuah mesjid raksasa di ibukota Astana yang juga menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tengah. Peresmian ini dilakukan dalam rangka perayaan besar menyambut ulang tahun Presiden Nursultan Nazarbayev yang ke-72.
 
Bangunan megah serba putih yang dihiasi ornamen khas Kazakhtan tersebut mampu menampung 5.000 jemaah. Masjid itu dibangun dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun.

“Perayaan ini merupakan perayaan seluruh rakyat Kazakhstan. Saya memberi selamat kepada semua orang atas dibukanya mesjid terbesar di Kazakhstan,” kata Nazarbayev dalam sambutannya kala peresmian mesjid tersebut. “Kita adalah negara multinasional. Kita adalah bangsa yang toleran,” katanya.

Mesjid yang diberi nama "Khazret Sultan" tersebut berdiri di atas lahan seluas 11 hektar di pusat kota Astana. Bulan Januari lalu, proses konstruksi mesjid sempat terganggu akibat insiden kebakaran yang menghanguskan scaffolding atau steger kayu di bagian kubah.

Nazarbayev telah menjabat presiden Kazakhstan sejak negara tersebut merdeka dari Uni Soviet –sekarang Rusia- pada tahun 1991 lalu. Hari ulang tahunnya yang jatuh tanggal 6 Juli ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari libur nasional yang biasa disebut Hari Ibukota.

Hal ini dikarenakan tepat pada tanggal tersebut di tahun 1998 lalu, ibu kota Kazakhstan secara resmi dipindahkan  dari Almaty ke Astana, yang dulunya merupakan wilayah padang rumput yang tandus.(AFP/ara/jpnn)
 
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar