Presiden Kazakhstan Ultah, Beri Kado Masjid 5000 Jamaah

Presiden Kazakhstan Ultah, Beri Kado Masjid 5000 Jamaah
Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev. Foto : Bloomberg
ASTANA - Pemerintah Kazakhstan Jumat (6/7) kemarin meresmikan sebuah mesjid raksasa di ibukota Astana yang juga menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tengah. Peresmian ini dilakukan dalam rangka perayaan besar menyambut ulang tahun Presiden Nursultan Nazarbayev yang ke-72.

  Bangunan megah serba putih yang dihiasi ornamen khas Kazakhtan tersebut mampu menampung 5.000 jemaah. Masjid itu dibangun dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun.

“Perayaan ini merupakan perayaan seluruh rakyat Kazakhstan. Saya memberi selamat kepada semua orang atas dibukanya mesjid terbesar di Kazakhstan,” kata Nazarbayev dalam sambutannya kala peresmian mesjid tersebut. “Kita adalah negara multinasional. Kita adalah bangsa yang toleran,” katanya.

Mesjid yang diberi nama "Khazret Sultan" tersebut berdiri di atas lahan seluas 11 hektar di pusat kota Astana. Bulan Januari lalu, proses konstruksi mesjid sempat terganggu akibat insiden kebakaran yang menghanguskan scaffolding atau steger kayu di bagian kubah.

Nazarbayev telah menjabat presiden Kazakhstan sejak negara tersebut merdeka dari Uni Soviet –sekarang Rusia- pada tahun 1991 lalu. Hari ulang tahunnya yang jatuh tanggal 6 Juli ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari libur nasional yang biasa disebut Hari Ibukota.

ASTANA - Pemerintah Kazakhstan Jumat (6/7) kemarin meresmikan sebuah mesjid raksasa di ibukota Astana yang juga menjadi yang terbesar di kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News