Ketua KPU DKI Langgar Kode Etik

Diperingatkan Tertulis, Harus Perbaiki DPT

Ketua KPU DKI Langgar Kode Etik
Ketua KPU DKI Langgar Kode Etik
JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akhirnya menjatuhkan sanksi peringatan tertulis kepada Ketua KPU DKI Dahliah Umar dalam persidangan terakhir di gedung Bawaslu Jumat (6/7). Dahliah terbukti melanggar kode etik tentang tata cara pemutakhiran data dalam Peraturan KPU.

Yang dilanggar adalah pasal 5 huruf c, pasal 11 huruf a, pasal 12 huruf c, pasal 12 huruf d, serta pasal 41 ayat 2, 3, 4, dan 5 Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2010.

Dalam sidang yang dipimpin Ketua DKPP Jimly Ashiddiqie serta didampingi anggota Saut Hamonangan Sirait, Nur Hidayat Sardini, Nelson Simanjuntak, dan Ida Budhiati, KPU juga diminta memperbaiki DPT yang sempat ditandai.

"DKPP mengingatkan kepada teradu (ketua KPU DKI) untuk mengambil langkah-langkah segera untuk menetapkan DPT yang pasti," kata Jimly setelah sidang kemarin."Itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan mengundang seluruh pasangan calon yang memberikan masukan dalam rapat pleno penetapan pada 2 Juni 2012. "Dengan tanpa mengubah tahapan yang sedang berjalan," beber Jimly.

JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akhirnya menjatuhkan sanksi peringatan tertulis kepada Ketua KPU DKI Dahliah Umar dalam persidangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News