Rabu, 23 April 2014 | 15:18:05
Home / Ekonomi / Properti / Ambon Ajukan Bantuan 1.818 Unit Rumah

Sabtu, 07 Juli 2012 , 12:46:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Pemerintah Kota Ambon meminta Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) membangun sekitar 1.818 unit rumah untuk masyarakat di daerah tersebut. Rumah tersebut rencananya untuk masyarakat yang terkena musibah tanah longsor serta relokasi kawasan permukiman guna penataan kota di masa mendatang.

"Pemkot Ambon lewat Walikota Ambon Richard Louhenapessy telah mengusulkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSP2S) ke Kemenpera. Mereka meminta bantuan untuk 1.818 unit rumah masyarakat," kata Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz dalam keterangan persnya, Sabtu (7/7).

Atas usulan tersebut, Djan Farids menyatakan siap membantu seluruh pemerintah daerah termasuk Ambon yang memiliki program perumahan untuk masyarakat. Apalagi ke depan kebutuhan perumahan jumlahnya semakin meningkat seiring pertumbuhan jumlah penduduk dan pengembangan kota ke depan.

Saat ini, Kemenpera memiliki program bantuan stimulan untuk 250 ribu unit rumah pada 2012. Jumlahnya akan terus meningkat pada 2013 dan 2014 yang target per tahunnya 500 ribu unit.

Dia mengharapkan pemda memiliki data pasti mengenai rumah yang pantas diberi bantuan. Data berdasarkan nama dan alamat jelas serta foto rumah penerima bantuan.

"Bantuan stimulan yang kami salurkan jumlahnya Rp 6 juta untuk rehab rumah serta Rp 11 juta untuk pembangunan rumah baru. Kami harap Pemda juga bisa ikut berperan aktif dalam program penyediaan rumah untuk masyarakatnya," tandasnya.(esy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar