Harga Kelapa dan Kopra Anjlok

Harga Kelapa dan Kopra Anjlok
Harga Kelapa dan Kopra Anjlok
CIKONENG – Harga kelapa dan kopra dalam dua bulan terakhir turun drastis. Dari petani kelapa dibeli seharga Rp 800 per butir, padahal lima bulan ke belakang masih di kisaran Rp 1.500 per butir.

Pernyataan ini diungkapkan Maman Suparman (60), pedagang kelapa di Jalan Raya Margaluyu Kecamatan Cikoneng kepada Radar, kemarin (10/7). Akibatnya, kata dia, hasil penjualannya ke pabrik-pabrik atau pasar-pasar di Subang, Sumedang dan Bandung sangat tipis. “Bila harga kelapa lima bulan ke belakang Rp 1.500 per butir dari petani tidak terlalu rugi, keuntungan lumayan lah,” jelasnya.

Selain harga kelapa yang anjlok, kata Maman, harga kopra juga ikut turun. Jika lima bulan ke belakang masih dihargai Rp 9.000, kini menjadi Rp 4.500.

Penyebab penurunan harga ini, jelasnya, karena memasuki musim kemarau. Pada musim ini buah kelapa meningkat drastris. Selain itu karena melonjaknya kiriman kelapa dari Sumatera yang memiliki kwalitas bagus dibandingkan dari Ciamis. ”Keuntungan yang saya terima tipis, karena saking banyaknya kelapa dari mana-mana, jadi murah,” ucapnya.

CIKONENG – Harga kelapa dan kopra dalam dua bulan terakhir turun drastis. Dari petani kelapa dibeli seharga Rp 800 per butir, padahal lima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News